Makalah Analisa Kasus dan Opini - skripsi man (dulrohman webs)

Rabu, 06 Juni 2012

Makalah Analisa Kasus dan Opini

Pengadilan Selandia Baru Cegah Penjualan Peternakan Kepada Investor Cina
Peternakan dan pertanian merupakan sumber utama pertumbuhan ekonomi Selandia Baru. Pengadilan Tinggi Selandia Baru mencegah penjualan peternakan susu kepada sebuah perusahaan investasi Cina, Shanghai Pengxin. Bulan lalu pemerintah Selandia Baru sudah menyetujui penjualan dengan nilai US$164 juta tetapi pengadilan tinggi memutuskan pemerintah terlalu membesar-besarkan dampak keuntungan yang dibawa oleh investor asal Cina itu. Hakim Forest Miller meminta pemerintah agar mempertimbangkan kembali keputusan yang sudah diambil. 
Perusahaan investasi asal Cina itu ingin membeli 16 peternakan seluas sekitar 8.000 hektar. Namun, peternak dan investor lokal -yang juga mengajukan penawaran untuk membelinya- mengajukan gugatan hukum. "Kami amat gembira dengan keputusan yang diambil Hakim Miller. Pandangan kami adalah Shanghai Pengxin tidak pernah membawa keuntungan ekonomis," kata Alan McDonald, juru bicara konsorsium peternak dan investor lokal. Wartawan BBC di Sydney, Phil Mercer, melaporkan para pendukung penjualan berpendapat masuknya investor Cina akan mendorong perdagangan internasional. Akan tetapi para pengkritiknya menegaskan bahwa lahan pertanian harus tetap dimiliki warga Selandia Baru jika negara itu ingin tetap sejahtera.
Winston Peters -dari Partai Utama Selandia Baru yang menentang penjualan- menduga pemerintah Selandia Baru kemungkinan akan memihak pada investor Cina namun dia tetap akan menentang."Mereka akan mendapat kesepekatan untuk mengembangkan produk di peternakan-peternakan di Selandia Baru yang dijual kepada mereka dengan nilai tambah yang amat kecil bagi Selandia Baru ke pasar Cina.”
Kasus ini diamati dengan seksama oleh para pejabat Cina yang sebelumnya sudah mengungkapkan keprihatinan atas penundaan penjualan tersebut. Cina merupakan salah satu pasar penting bagi produk-produk industri pertanian dan peternakan Selandia Baru, yang merupakan sumber utama pertumbuhan ekonomi negara itu.
Analisis Kasus
Judul Artikel : Pengadilan Selandia Baru Cegah Penjualan Peternakan Kepada Investor China
     Negara yang berkaitan : Selandia Baru dan China
     Kronologi :
            Terjadinya jual beli antara Selandia Baru dengan China membuat orang - orang berkomentar, seperti pengadilan tinggi Selandia Baru, pemerintah Selandia Baru, Hakim forest miller dan juru bicara konsorsium peternak dan investor lokal. Hakim forest miller meminta pemerintah Selandia Baru untuk memikir ulang mengenai tindakannya dan seorang juru bicara konsorsium peternak dan investor lokal berpendapat setuju dengan keputusan Hakim forest miller, “Pandangan kami adalah Shanghai Pengxin tidak pernah membawa keuntungan ekonomis.”.
    Komentar pribadi :
Menurut saya, kasus ini sangat menarik sebab kasus ini merupakan perjanjian dua negara. Selandia Baru dengan China memang saling berkaitan. Diantara lain, China merupakan salah satu pasar penting bagi produk-produk industri pertanian dan peternakan Selandia Baru, yang merupakan sumber utama pertumbuhan ekonomi negara itu. Jika China membeli peternakan seluas 8 hektar maka perekonomian Selandia Baru akan menurun. Maka dari itu, banyak sekali pembatahan dari pihak investor lokal sampai pengadilan tinggi Selandia baru. 
Referensi :

Iran Bebaskan Kapal dari Bajak Laut Somalia
  Dubai - Pasukan Iran bertempur melawan para begundal laut Somalia selama dua hari untuk membebaskan kapal yang dibajak di Laut India pekan lalu. Setelah berhasil membebaskan kapal, mereka menahan 13 pembajak. Demikian kabar dari kantor berita Fars mengutip keterangan pejabat angkatan laut Iran, Selasa, 3 April 2012. Para pria bersenjata itu sebelumnya meminta tebusan uang jutaan dolar untuk ditukar dengan kapal pembawa barang-barang kebutuhan rumah tangga.
            “Kapal membawa ribuan ton barang kebutuhan rumah tangga diserang dan dibajak pada 26 Maret 2012 saat berlayar menuju Iran. Para pembajak ingin membawa kapal itu ke Somalia,” tulis Fars mengutip keterangan komandan angkatan laut Iran, Habibollah Sayyari. “Pasukan kami berhasil membebaskan kapal setelah bertempur sengit selama 48 jam. Selanjutnya, mereka menahan 13 begundal dan membebaskan awak kapal,” ujar Sayyid.
            Menurut Sayyid, 13 pembajak ini akan diseret ke pengadilan sesuai dengan yuridiksi Iran. Media Iran melaporkan, pada Januari lalu, sejumlah pembajak di Teluk Aden membajak kapal Iran membawa 30 ribu ton produk petrokimia yang sedang berlayar ke negara Afrika Utara.


Analisis Data
Judul Artikel : Iran Bebaskan Kapal dari Bajak Laut Somalia
Negara yang berkaitan : Iran dan Somalia
 Kronologi :
Kelakuan – kelakuan para pembajak membuat beberapa negara resah seperti, Iran dengan Somalia. Pembajakan ini berlangsung di laut Somalia yang sedang menuju Iran. Beberapa pembajak ingin  membawa kapal milik Iran ini ke Somalia. Akan tetapi, para pasukan Iran berperang untuk mendapatkan kembali kapal yang membawa ribuan ton barang kebutuhan rumah tangga itu dan menahan 13 begundal dan membebaskan awak kapal.
Komentar Pribadi :
Menurut saya, akhir – akhir ini Somalia memang terkenal dengan aksi bajaknya. Beberapa negara sudah menjadi korban bajaknya seperti Iran. Sebaiknya, pemerintahan Somalia menelusuri faktor – faktor yang membuat rakyatnya menjadi pembajak dan menyelesaikan penyebabnya itu. Berita – berita mengenai busung lapar banyak terjadi di Somalia. Inilah salah satu akibat dari miskinnya perekonomian di sebuah negara.
Referensi:


Tidak ada komentar: