Pengertian Persepsi |
|
Manusia sebagai makhluk sosial yang sekaligus juga makhluk individual, maka terdapat perbedaan antara individu yang satu dengan yang lainnya (Wolberg, 1967). Adanya perbedaan inilah yang antara lain menyebabkan mengapa seseorang menyenangi suatu obyek, sedangkan orang lain tidak senang bahkan membenci obyek tersebut. Hal ini sangat tergantung bagaimana individu menanggapi obyek tersebut dengan persepsinya. Pada kenyataannya sebagian besar sikap, tingkah laku dan penyesuaian ditentukan oleh persepsinya. |
Masalah umum dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan dan persepsi siswa terhadap buku teks dan LKS dalam pengajaran bahasa Arab. Adapun tujuan penelitian secara umum adalah mengetahui bagaimana penggunaan dan persepsi siswa terhadap buku teks dan LKS dalam pengajaran bahasa Arab, serta bagaimana pelaksanaan pengajarannya. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas VII dan VIII MTs Ma'arif Sukorejo Pasuruan yang berjumlah 115 siswa dan guru bahasa Arab dari sekolah tersebut. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar angket, dan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengajaran bahasa Arab di MTs Ma'arif Sukorejo menggunakan buku teks dan LKS. Buku teks sebagai bahan ajar utama, hanya disampaikan dengan dituliskan di papan tulis, sedangkan LKS sebagai lembar latihan, alat bantu belajar, dan media pembelajaran bagi siswa. Persepsi siswa terhadap penggunaan buku teks dan LKS dalam pengajaran bahasa Arab cenderung lebih menyukai LKS. Hal ini dapat dikarenakan siswa lebih akrab dengan LKS mereka daripada buku teks, mengingat setiap siswa wajib memiliki LKS, sedangkan buku teks hanya dimiliki oleh guru yang kemudian dituliskan di papan tulis. Akan tetapi sebagian besar siswa tetap menginginkan buku teks digunakan sebagai bahan ajar sekaligus pemberi materi yang utama. Sedangkan LKS digunakan sebagai alat bantu belajar, media, sekaligus wadah untuk menuangkan hasil belajar yang mereka peroleh dari buku teks dengan cara mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS.
Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru untuk lebih mengoptimalkan penggunaan buku teks yang merupakan bahan ajar utama karena persepsi siswa yang cenderung lebih menyukai LKS. Bagi siswa agar dapat meningkatkan belajar dengan menggunakan bahan ajar yang utama yaitu buku teks, mengingat isi dan materi dalam buku teks jauh lebih lengkap daripada LKS. Sedangkan bagi peneliti lain bisa mengkaji lebih dalam bagaimana persepsi siswa dari unsur-unsur lain.
Tidak ada komentar: