twitter




LAPORAN KARYA TULIS
STUDY TOUR DI JAWA TIMUR
Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

MOTTO

“Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, Maka apabila kamu telah selesai (dari suatu urusan ), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, dan hanya kepada Tuhanmulah hendaklah kamu berharap”.
( Qs. Al- Insyiroh : 6-8 )

” Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’ ”.
( Qs. Al-Baqoroh : 45 )

” Meraih kesuksesan perlu kesabaran dan keuletan. Orang yang sukses bukan tidak pernah jatuh, orang sukses adalah orang yang tidak pernah berpikir darinya kalah, ketika ia terpukul jatuh (gagal) ia bangkit kembali, belajar dari kesalahannya dan bergerak maju menuju inovasi yang lebih baik.”
( Abu Al-Ghifrani )

Berpegan teguhlah pada prinsip karena pendirian yang kuat akan membawa keberhasilan dan kebanggaan pada diri sendiri.
(Penulis)




DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL 
HALAMAN PENGESAHAN 
HALAMAN PERSEMBAHAN 
MOTTO 
KATA PENGANTAR 
DAFTAR ISI 
BAB I      PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
B.     Tujuan 
C.     Metode 
D.    Sistematika Karya Tulis 
BAB II    ISI
A.    Jembatan Suramadu
B.     Armada Angkatan Laut Surabaya 
C.     Gua Akbar Tuban 
D.    Planetarium
E.     Bahari Lamongan 
BAB III   PENUTUP 
A.    Kesimpulan 
B.     Saran 
DAFTAR PUSTAKA
                BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah
Pendidikan sangat penting untuk setiap orang karena pendidikan itu sendiri menyangkut masa depan, serta merupakan upayauntuk mencerdaskan anak bangsa. Pendidikan tidak hanya tanggung jawab seorang guru, pemerintah, masyarakat maupun orang tua. Namun semua lapisan masyarakat Indonesia juga ikut bertanggung jawab atas terwujudnya pendidikan nasional. Yakni dengan menjalankan tugas sesuai dengan kemampuan dan tanggung jawab yang merupakan upaya untuk terwujudnya pendidikan nasional yang bermutu tinggi dan berbudi pekerti luhur.
Sebab itulah untuk mewujudkannya ada beberapa kegiatan yang menunjang pendidikan, salah satunya yang sangat menunjang adalah  karya wisata. Dengan karya wisata, siswa dapat lebih berpengalaman dan lebih berpengetahuan.

B.       Tujuan Penulisan
Dalam pelaksanaan karya wisata pastilah mempunyai tujuan yng sangat penting, diantaranya agar siswa dapat meningkatkan  ilmu pengetahuan yang telah di dapat selama ini, dan dengan diadakannya karya wisata dapat pula menambah pengalaman bagi siswa. Serta dapat meningkatkan pengetahuan, keakraban dan kekeluargaan pada siswa-siswi. Dalam karya wisata ini siswa-siswi di harapakan lebih dekat dan dapat mempraktekkan ilmu yang di dapat dari Bapak/Ibu guru dalam  museum, terutama dalam pelajaran  Ilmu Pengetahuan Sosial.

C.      Metode Penulisan
Di dalam pembuatan karya tulis ini perlu adanya metode. Yang  tidak lain adalah
1.    Informatikan
Secara tidak lansung, mendengakan  penjelasan yang di berikan petugas, bertanya pada guru pembimbing.
2.    Obsevasi
Mengamati objek secara lansung dengan  indera kita.

D.      Sistematika Penulisan
Untuk memperoleh hasil yang rapi dan  baik dalam membuat dan menyusun karyatulis, maka perlu di buat sistematika.
Adapun sistematika dalam laporan karya tulis ini adalah sebagai berikut:
BAB 1 PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
B.     Tujuan
C.     Metode
D.    Sistematika
BAB II ISI
A.    Jembatan Suramadu
B.     Armada Angkatan Laut  Surabaya
C.     Gua Akbar Tuban
D.    Planetarium
E.     Bahari Lamongan
BAB III PENUTUP
BAB IV DAFTAR PUSTAKA 




BAB II
ISI

A.      Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu adalah jembatan yang menghubungkan kota Surabaya dan kota Madura. Panjang Jembatan Suramadu kurang lebih lima kilometer. Pada awalnya Jembatan Suramadu itu adalah lautan. Namun setelah Orde Baru lautan tersebut di bangun jembatan yang sangat panjang. Jembatan tersebut dinamakan Suramadu.
Banyak sekali kapal-kapal yang sedang berlayar di tempat-tempat tersebut. Dengan berbagai macam-macam tujuan, kapal-kapal itu berlayar melewati Jembatan Suramadu. Jembatan yang panjang dan di kelilingi oleh lautan yang indah, itu telah membuat fikiran semua orang menjadi tenang, damai dan nyaman.

B.       Armada Angkatan Laut  Surabaya
Armada angkatan laut Surabaya tersebut di beri nama LOCA JALA CLANA. Nama armada angkatan laut tersebut berasal dari bahasa sansekerta. Loca jala clana, artinya lokasi laut prasarara.
Armada angkatan laut tersebut di resmikan pada tanggal 19 SEPTEMBER 1969 OLEH Ibu R. Mulyadi. Beliau yang tidak lain adalah ibu pelindung para Kadep AAL Perpedo.
Di dalam museum tersebut terdapat banyak jenis kapal, senjata api, alat-alat perlengkapan untuk berlayar dan sebagainya. Bahkan di sana terdapat pula baju yang di gunakan untuk menyelam salah satu anggota AAL. Dan kapal yang sangat besar yang pernah di gunakan oleh anggota AAL untuk berlayar.

C.      Gua Akbar Tuban
Gua Akbar Tuban adalah gua yang memiliki panjang kurang lebih dua belas kilometer. Di dalam gua juga terdapat tangga yang sangat panjang, air, serta kotoran kelelawar. Tangga itu konon menceritakan tentang kehidupan manusia. Selain itu juga terdapat air yang di percaya dapat membuat seseorang menjadi awet muda, apabila air itu di gunakan untuk membasuh mukanya.



D.      Planetarium
Planetarium adalah sebuah ruangan yang digunakan untuk melihat benda-benda angkasa seperti melihat bintang tanpa harus menunggu malam tiba. Di Indonesia hanya terdapat tiga planetarium.
Di Planetarium kita tidak di perbolehkan menyalakan lampu atau apapun yang dapat memunculkan cahaya, karena di Planetarium akan di buat ruangan yang sangat gelap untuk member kesan malam. Dan akan bermunculan bintang-bintang dan bulan. Jika kita sangat memperhatikan bintang-bintang, maka bintang-bintang itu akan berbentuk kalajengking, gadis kembar, ikan, dan lain sebagainya. Maka bentuk-bentuk bintang itu seperti zodiak. Bintang-bintang itu dalam waktunya jiga akan bergeser-geser secara terus menerus hingga pagi menjelang.

E.       Bahari Lamongan
Bahari Lamongan adalah tempat wisata yang terletak di pesisir utara pantai Jawa. Tepatnya di kecamatan Pacitan, kabupaten Lmongan, Jawa Timur. Wisata Bahari Lamongan  (WBL) menawarkan oase tersendiri bagiwisatawan. WBL berdiri sejak tahun 2004 sebagai hasil pengembangan objek wisata yang telah ada sebelumnya yaitu pantai Tanjung Kodok. WBL memadukan konsep wisata bahari dan wisata fantasi dalam areal seluas tujuh belas hektar. Setiap tahun WBL menghadirkan tigawahana baru. Selain itu di sana juga terdapat pantai yang indahy dan batu yang berbentuk kodok yang sangat besar, yang mampu menarik perhatian kita.


BAB III
PENUTUP

A.      KESIMPULAN
Dengan mempelajari data-data yang kami peroleh dari peninjauan dan penelitian objek wisata, serta buku-buku panduan yang ada. Kami akan memberikan kesimpulan.
*        Widya wisata adalah para wisatawan.
*        Karya wisata adalah pariwisata yang bertujuan menunaukan tugas.
*        Dengan kedu pengertian di atas, maka kita telah melaksanakan keduanya yaitu: “STUDY TOUR”
*        Objek wisata di Indonesia harus tetap di jaga.
*        Kita wajib mempelajari objek-objek wisata di Indonesia.
*        Objek wista di Jawa Timur merupakan kekayaan bagi Bangsa dan Negara.
*        Objek wisata di Jawa Timur merupakan hasil cipta dan karya rakyat.

B.       SARAN
Dari kesimpulan di atas, kami menyarankan agar:
*        Objek wisata di Indonesia harus kita jaga.
*        Disediakan  buku-buku panduan tentang objek wisata di Indonesia dengan menggunakan bahasa asing agar dapat di kenal oleh dunia luar.
*        Kita harus mempelajari objek wisata di Indonesia.
*        Apabila ada siswa di beri tugas karya tulis, sebaiknya di kerjakan dengan cepat dan benar.

  
DAFTAR PUSTAKA

A.      Diambil dari pengamatan langsung.
B.       Ditinjau langsung dari objek wisata.
C.       Dari buku-buku panduan.








1 komentar:

  1. min kalo gw copy paste kok ada backgroundnya ya warna ceklat ?

Poskan Komentar