CONTOH LAPORAN AKHIR KERJA - skripsi man (dulrohman webs)

Selasa, 10 Januari 2012

CONTOH LAPORAN AKHIR KERJA


LAPORAN AKHIR KERJA KEPALA SEKOLAH
 PERIODE 2001-2011


DI SUSUN OLEH :
DRS. BUDI UTOMO, M.PD


SDIT ULUL ALBAB
JL. TAMBUN TAMBELANG KM. 4, KP. WARUNG ASEM, DS. SUMBERJAYA
TAMBUN SELATAN - BEKASI




BAB I
PENDAHULUAN

Alhamdulillahi Robbil 'Alamin, segala puji bagi Allah SWT Robb semesta alam, shalawat serta salam kepada Nabi Muhammad SAW, keluarganya, sahabatnya, serta pengikutnya 'ama ba'du.

Agar program penyelenggaraan pendidikan di SDIT Ulul Albab terjadi kesinambungan maka laporan akhir kerja kepala sekolah SDIT Ulul Albab tahun 2001-2011 sangat diperlukan.

Laporan ini disusun dengan beberapa bagian yaitu :
v Bagian Kesiswaan
v Bagian Kurikulum
v Bagian Sarana Prasarana
v Bagian Tata Usaha
v Bagian Pengelolaan SDM
v Bagian Keuangan
v Bagian Aset
v Lain-lain














BAB II
LAPORAN KESISWAAN

kesiswaan merupakan salah wakil kepada sekolah yang berkonsekuensi pada pengembangan siswa yaitu karakter dan kompetensi keagamaan, meliputi :
v  Pendidikan Agama Islam .
v  Tahfizh .
v  Bimbingan Konseling.
v  Sosial Ukhuwah.
Waka Kesiswaan berperan mengatur dan mengkoordinasi seluruh kegiatan siswa baik intern maupun ekstern, serta menetapkan peraturan yang terkait dengan tata tertib siswa.
A.        Pendidikan Agama Islam (PAI)
Merupakan pelajaran yang menjadi  inti dari pendidikan di SDIT Ulul Albab. Peran Waka Kesiswaan mengarahkan agar PAI yang dipelajari tetap memengang teguh visi, misi dan motto SDIT Ulul Albab. Waka Kesiswaan mengadakan koordiasi rutin kepada para guru PAI agar terjadi penyamanan persepsi dan mengontrol target pembelajaran.
Keunggulan PAI di SDIT Ulul Albab, diantaranya :
1)     Standar materi PAI dengan sumber yang shohih.
2)     Mewujudkan karakter keislaman pada siswa maupun para alumninya.
3)     Sebagian besar siswa memiliki kesiapan untuk melanjutkan pendidikan dilembaga pendidikan islam.
4)     Mendapat pengakuan dari masyarakat bahwa SDIT Ulul Albab telah menunjukkan keberhasilan dalam membentuk karakter keislaman para siswanya.
Adapun kelemahan dan kendalanya :
1)     Kurang kesiapan para guru dalam pendidikan dan pengajaran.
2)     Belum adanya buku pelajaran yang standar.
B.           Tahfidzul Qur'an dan BAQ
Merupakan target pelajaran unggulan SDIT Ulul Albab. Pelajaran Tahfidzul Qur'an adalah pelajaran ciri khas sekolah Islam yang berkualitas. Oleh karena itu pelajaran ini perlu diperhatikan. Target pembelajaran yang akan dicapai untuk BAQ adalah mampu membaca Qur'an secara tartil dan sesuai kaidah tajwid.
Keunggulan pelajaran Tahfidzul Qur'an :
1)     Menjadi pelajaran ciri khas SDIT Ulul Albab.
2)     Ada sebagian anak melampui target lebih dari hafal 2 Juz.
Adapun kelemahan :
1)     Target pencapaian tahfizd tiap guru berbeda hasilnya akan berbeda baik kuantitas maupun kualitas tergantung dari kemampuan guru mengajar.
2)     Belum ada metode yang standar.
3)     Kurang kerjasama team karena guru ada yang sering tidak masuk.
4)     Dukungan Orangtua murid terhadap pelajaran Tahfizd bervariasi.
Untuk pelajaran BAQ juga memiliki kelemahan diantaranya ; standar baku pengajaran, kurang tuntasnya dalam mencapai target dan kurangnya kerja team.
Tahfidzul Qur'an di SDIT Ulul Albab mengalami peningkatan pesat pada tiga tahun terakhir ini karena beberapa guru yang profesional dibidangnya bergabung di SDIT Ulul Albab. (Rincian terdapat dilampiran).
C.           Bimbingan Konseling
Bimbingan konseling sangat dibutuhkan di SDIT Ulul Albab, dikarenakan jumlah siswa yang banyak memerlukan petugas yang membantu menyelesaikan masalah siswa. Sampai saat ini BK masih ditangani oleh Waka Kesiswaan. Petugas BK di SDIT Ulul Albab harus banyak mengkonseling wali murid / orang tua murid dari anak yang bermasalah dibandingkan mengkonseling anak tersebut, karena semua masalah anak bersumber pada masalah keluarga masing-masing.
Beberapa fenomena menarik mengenai kasus permasalahan yang dihadapi BK :
1)     Jumlah anak yang bermasalah adalah sebagian besar orang tuanya aktivis dakwah.
2)     Masalah anak berawal dari masalah keluarga atau masalah hubungan komunikasi suami istri.
3)     Prestasi siswa sangat ditentukan oleh perhatian orang tua terhadap anak dan sekolah.
4)     Pelayanan BK belum tersistematis.
5)     Karena pelayanan konseling dipegang oleh guru maka kadang menyita waktu pembelajaran dikelas.

D.     Sosial Ukhuwah
Sosial Ukhuwah merupakan bidang yang menangani kegiatan sosial dan memelihara hubungan persaudaraan diantara guru dan para siswa, program kerjanya :
1)     Kepedulian lingkungan (siswa & guru) seperti ; silaturahim, menjenguk orang sakit, menghadiri undangan,dll
2)     Pengumpulan dan penyaluran dana infaq dari guru dan siswa.
3)     Bekerjasama dengan pihak lain menerbitkan buletin atau majalah sekolah.
4)     Semua program ukhuwah berjalan dengan baik, bahkan sosial ukhuwah sudah menerbitkan majalah sekolah,
Manfaat program sosial-ukhuwah :
1)     Terpeliharanya hubungan persaudaraaan diantara guru dan siswa.
2)     Optimalisasi fungsi komunikasi antara sekolah dan orang tua siswa
























BAB III
LAPORAN BIDANG KURIKULUM

Bidang kurikulum merupakan salah satu wakil kepala sekolah yang membawahi beberapa seksi, yaitu bidang :
v  Administrasi pengajaran.
v  Minat Bakat.
v  Bilingual.
v  Kepanduan.
Bidang kurikulum berkonsentrasi mengatur dan mengkoordinasi kegiatan  pendidikan dan pengajaran agar siswa memiliki prestasi akademik yang baik di intern maupun ekstern.
A.     Administrasi pengajaran
Seksi administrasi pengajaran melakukan tugas bimbingan terhadap administrasi pengajaran para guru melakukan supervisi dan mengumpulkan seluruh arsip yang terkait dengan pengajaran. Hal ini perlu dilakukan karena pengajaran dikelas merupakan inti dari  pendidikan.
Adapun program pendidikan yang dilakukan administrasi pengajaran :
1)     Mengatur ketentuan jumlah jam pelajaran.
2)     Membuat jadwal.
3)     Mengontrol jalannya KBM.
Secara akademik tahun 2010/2011, prestasi SDIT Ulul Albab mengalami kenaikan dengan pesat bahkan beberapa kali menjuarai cerdas cermat dan  try out yang diadakan dibeberapa sekolah. Untuk nilai UN mengalami lonjakan yang cukup tinggi dari rata-rata  kelas 7,25 menjadi 7,75.
Ada beberapa kendala yang dihadapi :
1)     Buku pegangan yang sering berganti.
2)     Beberapa pelajaran belum memiliki kurikulum  yang baku.
3)     SDM pengajar tidak sesuai dengan jurusannya.
 (secara detail dalam lampiran).
B.     Minat bakat
Bidang minat bakat merupakan bidang yang mengkoordinasi  kegiatan Ekstrakulikuler untuk untuk pengembangan minat siswa. Minat bakat membawahi beberapa kegiatan, yaitu :

1)     Karate dan les Sepak Bola.
Kedua kegiatan ini secara pembiayaan diluar SPP siswa, dikenakan biaya sendiri. Akan tetapi kegiatan ini cukup diminati siswa dan mendukung prestasi sekolah. Mengenai pembiayaan kegiatan ini, sekolah memberi otonomi pengelolaan. Sekolah hanya memantau melalui laporan bulanan.
(contoh laporan keuangan kegiatan sepak bola  terlampir.)
C.     Bilingual
Bilingual adalah bidang yang menangani pengembangan kemampuan komunikasi siswa dalam bahasa arab dan bahasa inggris. Bilingual dilakukan dalam rangka memepersiapkan SDIT Ulul Albab menjadi sekolah yang berkualitas unggul dalam penguasaan bahasa inggris dan  bahasa arab.
Program ini demikian bagus, namun belum didukung oleh kemampuan guru yang merata dalam berkomunikasi dua bahasa. Dalam pengembangan kemampuan berbahasa, program ini sudah menunjukkan  hasil yang bagus.
D.     Kepanduan
Merupakan salah satu kegiatan minat bakat yang diperhatikan secara khusus karena kepanduan sangat besar pengaruhnya terhadap pembentukan karakter. Kepanduan adalah kegiatan wajib yang harus diikuti oleh anak kelas 4, 5 dan 6. Program kegiatan kepanduan : latihan rutin, kemah dilingkungan / lapangan sekolah dan kemah diluar sekolah.














BAB IV
LAPORAN SARANA PRASARANA

Laporan sarana prasarana adalah laporan yang memberi gambaran secara umum tentang sarana prasarana yang dimiliki oleh SDIT Ulul Albab. Laporan ini bersifat global dan lebih rinci mengenai sarana belajar bisa dibaca pada laporan bagian inventaris sekolah.
Pada dasarnya sarana prasarana dikelompokkan menjadi :
1)     Sarana dan prasarana yang bersifat permanen tanah SDIT Ulul Albab seluas  4796 Meter 2 .
2)     Sarana prasarana yang bersifat tidak permanen, meliputi ; Meja dan Kursi, Lemari, Loker, Komputer, Wireless dan peralatan Audio Video, peralatan Dapur dsb.
3)     Sarana penunjang belajar, antara lain ; Buku-buku dan Peralatan / Media IPA, Matematika, Bahasa, dsb.
Khusus sarana belajar ; sebagian besar merupakan bantuan dari dinas pendidikan baik berupa BOS buku, SDSSN ataupun bantuan lain.Ada juga bantuan media belajar dari wali murid kelas 6 alumni angkatan ke 2 dan 3.
Untuk Bangku, Lemari dan Kelas ada sebagian yang merupakan bantuan dari komite sekolah, oleh karena itu kerjasama dengan wali murid senantiasa harus dipelihara dengan baik.
Ada satu hal yang harus diperhatikan yaitu perawatan barang. Peranan bagian Maintenance / perawatan barang sangat penting untuk mengoptimalkan pengggunakan barang, sebagian besar barang rusak dikarenakan kurangnya perhatian pada perawatan barang.
(Lebih detail lihat daftar inventaris).









BAB V
LAPORAN BAGIAN KEUANGAN

Jalur sirkulasi uang di SDIT Ulul Albab sebagai berikut ;
v  Seluruh uang pembayaran diterima oleh kasir kemudian disetorkan kebendahara.
v  Bendahara membagikan / mengalokasikan ulang sesuai dengan tanggung jawab dan kebutuhan yang diperlukan dengan persetujuan kepala sekolah.
v  Bendahara memberikan laporan kepada kepala sekolah setiap akhir bulan mengenai keadaan keuangan.
A.     Kasir
Kasir adalah bagian keuangan yang bertugas :
1)        Mengadministrasikan pembayaran dari wali murid.
2)        Memiliki catatan detail mengenai administrasi keuangan.
3)        Melakukan penagihan kepada orang tua siswa / wali murid.
Kasir merupakan bagian yang penting karena selalu berhubungan langsung dengan orang tua murid oleh karena itu petugas kasir diamanahkan kepada orang yang memiliki kepribadian dan mental yang kuat serta mampu bersikap ramah dan baik kepada siapapun. Kasir kadang menerima komplain, usulan, curhat, atau bentuk-bentuk protes dari wali murid.
 Disisi lain kasir bertanggung jawab tentang keuangan yang ada kadang terjadi kehilangan. Oleh karena itu pihak sekolah harus memperhatikan posisi kasir, baik pekerjaan  maupun kesejahteraannya. (Contoh laporan bulanan kasir ada pada lampiran).
B.     Bendahara
Bendahara merupakan bagian pengelola uang disekolah Bendahara berhak mengeluarkan uang atau transaksi dengan persetujuan atau sepengetahuan Kepala Sekolah. Oleh karena itu seluruh administrasi keuangan dimiliki oleh Bendahara.
 Setiap saat Bendahara harus dapat memberikan penjelasan keadaan keuangan agar dapat diantisipasi kebutuhan anggaran sekolah karena terbatasnya keuangan Sekolah. Oleh karena itu untuk menjalankan tugas sebagai Bendahara diperlukan orang yang teliti, hemat dan mampu mengatur keuangan, dan memiliki skala prioritas.
C.     Laporan Keuangan
Perjalanan SDIT Ulul Albab dari tahun 2001/2002 sampai 2010/2011 memiliki 3 orang yang memiliki karakter berbeda. Masing-masing yang berpengaruh pada administrasi keuangan. Oleh karena Bendahara memiliki otonomi dalam pengelolaan keuangan maka harus mempunyai dokumen dan pencatatan keuangan yang lengkap.
Akan tetapi laporan keuangan selama ini belum memenuhi standar yang diharapkan. Pada laporan ini kami hanya mampu memberikan informasi laporan keuangan yang dapat diminta dari para bendahara yang pernah menjabat.
(Contoh laporan keuangan terlampir).



























BAB VI
LAPORAN TATA USAHA

Tata usaha SDIT Ulul Albab bertugas mengatur dan mengkordinasi seluruh  pelayanan administrasi orang tua dan siswa. Tugas yang dilakukan dibagi menjadi beberapa divisi :
v Administrasi dan Dokumentasi.
v Hubungan diknas /UPTD.
v Penjemputan .
v Catering.
v Pengelolaan SDM.
Administrasi dan dokumentasi melayani seluruh kebutuhan administrasi dan dokumentasi bagi guru, siswa, orang tua/ wali murid maupun pihak-pihak yang berkepentingan. Hubungan diknas merupakan divisi yang penting untuk menyelaraskan kebijakan sekolah dengan kebijakan pendidikan Diknas.
Agar seluruh kegiatan berjalan dengan baik maka kerjasama dengan pihak Diknas hendaknya dipelihara dengan baik. Jemputan dan catering adalah pelajaran kebutuhan siswa. Catering ditangani langsung oleh divisi logistik SDIT Ulul Albab sedangkan jemputan dilakukan dengan kerjasama antara SDIT Ulul Albab dengan beberapa orang pemilik mobil jemputan.
Ada beberapa kendala yang perlu diperbaiki pada bagian Tata Usaha ;
1)     Catering dan jemputan sering mengalami kerugian karena pembatalan sepihak atau macetnya bayaran siswa atau kendala lain.
2)     Administrasi dari diknas UPTD kecamatan sering mendadak sehingga menyulitkan pihak TU .
3)     Penyimpanan Dokumen.
4)     Ada jemputan yang tiba-tiba berhalangan.
Pengelolaan SDM di SDIT Ulul Albab dilakukan oleh Tata Usaha bekerja sama dengan bagian lain.
Adapun tugas Tata Usaha dalam pengelolaan SDM antara lain ;
1)     Administrasi kepegawaian.
2)     Pelayanan kepegawaian.
3)     Rekruitmen pegawai bekerja sama dengan Kepala Sekolah.
4)     Penyelengaraan pelatihan guru.
5)     Mengurusi cuti / perijinan guru / karyawan.
BAB VII
LAPORAN KEADAAN ASET
Keadaan aset SDIT Ulul Albab pada akhir tahun pelajaran 2010/2011 sebagai berikut:
A.   Kekayaan
1)  Tanah SDIT Ulul Albab seluas 4796 m2
2)  Gedung di atas tanah SDIT Ulul Albab
3)  Peralatan mebelair (dalam lampiran)
4)  Peralatan elektronik (dalam lampiran)
5)  Buku dan penunjang lainnya
6)   Piutang:
§  Yayasan Binaaul Ummah (dana hibah Bp Nurhadi)                                Rp  350.000.000
§  Pinjaman Bp. Budi (keperluan kuliah, pribadi, dll)                                    Rp  138.274.500

B.   Hutang
1)    Keperluan fotocopy yang belum di bayar                                                    Rp    14.853.100
2)    Peralihan seragam dari pengelola sebelum tahun pelajaran 2011/2012    Rp ____________
3)    Kebijakan pengelola uang rabat buku tahun 2001/2002 s.d 2010/2011
Kepada kepala SDIT Ulul Albab                                                                 Rp ____________
4)    Kebijakan kompensasi uang honor pengisian pelatihan tahun
5)    2001/2002 sampai 2010/2011 kepada kepala SDIT Ulul Albab                 Rp ____________
6)    Hutang bapak Handoyo (gedung)                                                               Rp ____________
7)    Hutang bapak Idham (gedung)                                                                   Rp ____________

C.   Kesanggupan penyelesaian piutang ke SDIT Ulul Albab
1)  Hutang yayasan binaaul ummah kepada SDIT Ulul Albab akan dibayarkan secara berangsur sebesar Rp 50.000.000/tahun.
2)  Hutang pribadi (Bp Budi Utomo) akan dibayarkan secaraberangsur setelah dihitung (dikurangi) dengan penggantian seragam, kebijakan kompensasi pelatihan dan pengelolaan rabat buku dari tahun 2001/2002 sampai 2010/2011.

D.   Keberadaan surat tanah
Surat tanah berada di notaris ibu Rika Perumahan Bintara Jakarta Timur sebagai agunan hutang bangunan terhadap Bp Idhamsyah Rahim. Pengurus Yayasan Ulul Albab lama dan kepala sekolah masih ikut bertanggung jawab terhadap surat tanah sampai diserahkan ke pengurus yang baru. Oleh karena itu mohon kerja samanya kepada pengurus yayasan yang baru untuk penyelesaian hutang tersebut.

BAB VIII
PENUTUP

Demikian yang dapat kami paparkan mengenai laporan akhir kerja Kepala Sekolah Ulul Albab periode 2001 -2011 yang tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kemampuan kami.

           Semoga Laporan yang singkat  ini berguna bagi saya maupun yang pihak berhubungan dengan kegiatan di SDIT Ulul Albab. Atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

1 komentar:

Berita Viral Terkini