contoh wawancara : "Tips Kegiatan Sekolah" - skripsi man (dulrohman webs)

Jumat, 20 Januari 2012

contoh wawancara : "Tips Kegiatan Sekolah"


WAWANCARA
Tips KegiatanLiburanSekolah

Nama                                    : Dra. Rini Kristiani
Tempat, tanggal lahir     : Bandung, 21 Juni 1968
Alamat                                 : Serpong City Paradise
Blok E1 No.10 Serpong-Tanggerang.
Nama Suami                      : Noer Fahreza
Nama Anak                         :1. Mitzi Alia
                                                 2. Ilmaiza Syifa
PengalamanOrgnisasi    : Konseler Meeting di Jepang 2010, Trainer Student Efent di Korea 2009, Juara II Guru Berprestasi 2003, dan Ketua Musyawarah BK. 

1.       Apakah definisiliburanmenurutibu ?
Liburan adalah menghentikan aktivitas belajar sementara waktu.
2.       Bagaimanakahdampakpositifdannegatifdariliburan ?
Dampak positif nya : Dapat mengurangi kejenuhan, Menyeimbangkan antara akademik juga sosial,dan memanjakan diri anak. Misalnya mengerjakan aktivitas diluar akademik yang selama sekolah tidak dapat dilakukan.
Dampaknegatifnya: Anak memanfaatkan seluruh waktu liburan hanya untuk bermain sampai dia melupakan tugas–tugas yang telah diberikan.
3. Setelah suntuk belajar anak – anak cenderung menggunakan waktu liburan untuk hal–hal yang tidak bermanfaat. Bagaimanakah mengisi liburan yang efektif?
Kita melihat hobi pada minat dan bakatnya, karena banyak hobby yang pada akhirnya memberikan prestasi. Misalnya  hobby gambar, lebih baik menggunakan waktu liburan untuk bertemu dengan komunitas desain . Bermain sambil mengembangkan bakatnya. Yang hobby jalan-jalan, sambil jalan memotret objek- objek  yang bagus sehingga jalan-jalannya itu tidak sia-sia .Ada yang hobby masak, gunakanlah waktu liburan untuk memasak dirumah. Itu semua liburan yang bermanfaat dan tidak mubazir. Ada yang suka internetan seperti:facebook , google dan twitter, manfatkanlah media itu dengan positif untuk jejaring sosial, berbagi informasi, menambah wawasan, dll.
4.       Adakah liburan yang menyenangkan dan bermanfaat tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak?
Banyak.Contoh: camping, kita bias bermain sambil belajar tentang vegetasi alam. Jalan-jalan, kita bias merefreshingkan pikiran kita dari kejenuhan. Berkumpul dengan teman- teman, saling berbagi cerita juga menyenangkan.
5.       Setelah liburan semester yang cukup panjang, adakah persiapan khusus untuk menghadapi tahun ajaran baru?
Disini peran orangtua sangat diperlukan ketika Liburan akan segera berakhir. Anak –anak mulai diingatkan dengan bukunya, alat tulisnya, seragamnya, dan peralatan sekolah lainnya.Bisa mengajak anak ke took buku untuk membeli buku baru, atau lebih menarik lagi belikan tas ataupun sepatu baru agar anak lebih semangat untuk menghadapi tahun ajaranbaru.
6.       Adakah tips-tips atau saran yang ingin anda sampaikan kepada kami?
Untuk liburan panjang sekitar 2-3 minggu, gunakanlah awal liburan untuk merapihkanbuku-buku.Pisahkan antara buku yang masih terpakai atau tidak.Kerjakanlah tugas yang diberikan dari sekolah karena biasanya kita masih ingat dengan materi yang pernah disampaikan sebelumnya. Gunakanlah waktu tengah liburan untuk memanjakan diri dengan hal – hal yang menyenangkan dan bermanfaat.Saya sangat menyarankan jalan-jalan, entah pergi kerumah nenek, sepupu, family maupun teman lama.Manfaatkan akhir liburan sebagai moment perekatan kembali hubungan orangtua dengan anak.Sisakan waktu untuk dirumah, terutama untuk orangtua.Kalian harus mencoba untuk membagi waktu dengan adil.
Sekian semoga bermanfaat

Tidak ada komentar: