DOWNLOAD MAKALAH IPA : Macam2 perkembang biakan tumbuhan - skripsi man (dulrohman webs)

Kamis, 10 Desember 2015

DOWNLOAD MAKALAH IPA : Macam2 perkembang biakan tumbuhan


Macam-Macam Perkembangbiakan Tumbuhan.
Seperti layaknya mahluk hidup lainnya, tanaman juga dapat berkembang biak. Perkembangbiakan tanaman secara garis besar dapat dibagi menjadi 2 yaitu perkembangbiakan secara alami dan juga buatan.
1.       Perkembangbiakan alami adalah perkembangbiakan tanaman oleh tanaman itu sendiri secara alami atau dibantu oleh alam.
2.       Sedangkan perkembangbiakan secara buatan adalah perkembangbiakan tanaman yang mendapat campur tangan manusia.
Tanaman berkembangbiak secara alami melalui berbagai macam cara. Tanaman berkembangbiak secara alami dengan 2 cara yaitu generatif dan vegetatif. Generatif adalah bahwa tanaman tersebut berkembang biak secar kawin, yaitu bertemunya sel jantan yang terdapat pada benang sari dan sel betina yang terdapat pada putik. Bertemunya 2 sel ini nantinya akan menghasilkan buah yang berbiji 2 yaitu dikotil. Tanaman yang dikembangbiakkan melalui cara ini biasanya memiliki sifat genetis yang berbeda dari tanaman induk dan biasanya mengalami kemunduran.
A.     Perkembangbiakan Tumbuhan Generatif / Kawin.
Perkembangan tumbuhan secara generatif  adalah melalui perkawinan / penyerbukan yaitu menempelnya benang sari menempel di atas kepala putik dengan bantuan alam contohnya oleh sinar matahari, angin, air, serangga, dan dengan bantuan tangan manusia. Contohnya vanili
Benangsari merupakan alat kelamin jantan pada bunga, sedangkan kepala putik merupakan alat kelamin betina pada bunga. Penyerbukan dapat dibantu oleh angin,air,serangga,dan tangan manusia.Penyerbukan yang dibantu oleh angin contohnya tanaman : padi,gandum,pohon jambu dan lain lain.Tanaman yang penyerbukannya di bantu manusia contohnya tanaman vanili dan anggrek.Tanaman yang memiliki bunga biasanya penyerbukannnya dibantu oleh serangga.
Ø  Bagian-bagian Bunga :
Bunga (flos) atau kembang adalah struktur reproduksi seksual pada tumbuhan berbunga (divisio Magnoliophyta atau Angiospermae, "tumbuhan berbiji tertutup"). Pada bunga terdapat organ reproduksi (benang sari dan putik). Bunga berfungsi utama menghasilkan biji. Penyerbukan dan pembuahan berlangsung pada bunga. Setelah pembuahan, bunga akan berkembang menjadi buah. Buah adalah struktur yang membawa biji.

SELENGKAPNYA DOWNLOAD PDF : KLIK DISINI

Tidak ada komentar: