A.
Latar Belakang
Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA) berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara
sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang
berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga
merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana
bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta
prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan
sehari-hari. Proses pembelajarannya
menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi
agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA
diarahkan untuk inkuiri dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk
memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar.
IPA diperlukan dalam kehidupan
sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah
yang dapat diidentifikasikan. Penerapan IPA perlu dilakukan secara bijaksana
agar tidak berdampak buruk terhadap lingkungan. Seperti halnya di tingkat SDLB
dan SMPLB, di tingkat SMALB diharapkan ada penekanan pembelajaran Salingtemas (Sains, lingkungan, teknologi dan
masyarakat) yang diarahkan pada pengalaman belajar untuk merancang dan
membuat suatu karya melalui penerapan konsep IPA dan kompetensi pekerja ilmiah
secara bijaksana.
Pembelajaran IPA sebaiknya dilakukan
secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry)
untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta
mengkomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan hidup. Oleh karena itu
pembelajaran IPA di SMALB menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara
langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap
ilmiah.
Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi
Dasar (KD) IPA di SMALB merupakan standar minimum yang secara nasional harus
dicapai peserta didik dan menjadi acuan dalam pengembangan kurikulum di setiap
satuan pendidikan. Pencapaian
SK dan KD didasarkan pada
pemberdayaan peserta didik untuk membangun kemampuan, bekerja ilmiah, dan
pengetahuan sendiri yang difasilitasi oleh guru.
- Tujuan
Mata
Pelajaran IPA di SMALB bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai
berikut.
- Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya
- Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
- Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat
- Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan
- Meningkatkan kesadaran untuk berperan serta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan
- Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan
- Memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk kehidupan di masyarakat
C.
Ruang
Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran IPA untuk
SMALB mencakup sekitar 50% dari ruang lingkup mata pelajaran IPA SMA/MA.
Pengurangan mata pelajaran sekitar 50% tersebut disesuaikan dengan beban
belajar yang tersedia dalam Struktur Kurikulum PLB 2 jam pelajaran/minggu
efektif. Sisa waktu yang tersedia dialokasikan untuk keterampilan. Sesuai
dengan beban belajar yang tersedia, maka bahan kajian IPA SMALB tidak dibagi
secara khusus ke dalam fisika, kimia, dan biologi, melainkan bersifat terpadu. Ruang
lingkup mata pelajaran IPA SMALB adalah sebagai berikut.
1.
Makhluk hidup dan
proses kehidupan, yaitu manusia, hewan, tumbuhan, dan interaksinya dengan
lingkungan serta kelestariannya
2.
Benda/materi,
sifat-sifat dan kegunaannya meliputi: cair, padat, dan gas
3.
Energi dan
perubahannya meliputi: gaya,
panas, listrik, dan cahaya.
4.
Bumi dan alam
semesta meliputi: tanah, bumi, tata surya, dan benda-benda langit lainnya
5.
IPA, lingkungan, teknologi, dan masyarakat
D. Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
1.
|
Mengaplikasikan pengelompokan makhluk hidup untuk mempelajari keanekaragaman dan peran keanekaragaman
hayati bagi kehidupan
|
1.1 Mengenali
keanekaragaman dan peran keanekaragaman hayati melalui kegiatan pengamatan
terhadap lingkungan
1.2 Mengkomunikasikan
wawasan tentang keanekaragaman hayati di Indonesia berdasarkan sumber-sumber
bacaan dan informasi lainnya
1.3 Mengklasifikasikan keanekaragaman hayati
|
2.
|
Menganalisis
secara sederhana hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan
energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
|
2.1 Menguraikan komponen-komponen penyusun ekosistem
2.2 Mengaitkan hubungan kegiatan manusia dengan masalah perusakan
dan pemeliharaan lingkungan
2.3 Mendeskripsikan pemanfaatan daur ulang limbah untuk kepentingan
kehidupan
|
3.
|
Mengidentifikasi, mengumpulkan data, dan menyimpulkan
kegunaan dan efek samping bahan kimia di
sekitar, serta mengkomunikasikannya
|
3.1 Mengumpulkan
data bahan kimia di rumahtangga
3.2 Mengidentifikasi
kegunaan dan efek samping penggunaan bahan kimia di sekitar
3.3 Menyimpulkan bahan kimia alami dan buatan (dalam
kemasan) yang terdapat dalam bahan makanan (pewarna, pemanis, pengawet, dan
penyedap)
3.4 Mengkomunikasikan kegunaan dan efek samping bahan kimia
terhadap lingkungan sekitar
|
Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
4.
|
Menerapkan konsep besaran, menuliskan dan menyatakannya
dalam satuan standar internasional dengan baik dan benar
|
4.1 Mengukur
besaran-besaran fisika dengan alat yang sesuai
4.2 Mengolah
data hasil pengukuran besaran dengan mengunakan aturan tanda lambing
|
5.
|
Menerapkan konsep dan prinsip kalor, konservasi energi,
dan sumber energi dengan berbagai perubahannya dalam mesin kalor
|
5.1 Melakukan
percobaan yang berkaitan dengan kalor seperti pemuaian dan perubahan wujud
5.2 Mendeskripsikan cara pemindahan kalor dalam peristiwa
sehari-hari
5.3 Menjelaskan
konservasi energi dan sumber energi dengan berbagai perubahannya
|
Kelas XI, Semester
1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
1.
|
Mengaitkan antara struktur dan fungsi beberapa sistem
organ pada manusia
|
1.1 Mendeskripsikan sistem
gerak pada manusia dan hubungan dengan kesehatan
1.2 Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
1.3 Mendeskripsikan sistem syaraf dan indera pada manusia dan hubungannya dengan
kesehatan
1.4 Mengaitkan struktur, fungsi, proses, dan kelainan atau
penyakit yang dapat terjadi pada sistem kesehatan
1.5 Mengaitkan struktur, fungsi, proses, dan kelainan atau
penyakit yang dapat terjadi pada sistem respirasi manusia
1.6 Mengaitkan
struktur, fungsi, proses, dan kelainan atau penyakit yang dapat terjadi pada
sistem resproduksi manusia
|
2.
|
Melakukan
percobaan untuk membedakan unsur, senyawa, dan campuran
|
2.1
Mengidentifikasi
unsur senyawa dan campuran
2.2
Membedakan
sifat unsur, senyawa dan campuran melalui percobaan
|
3.
|
Mendeskripsikan
karakteristik unsur-unsur dan senyawa penting, keberadaan, kegunaan, dan
bahayanya
|
3.1 Mengidentifikasi
keberadaan unsur dan senyawa, serta produk yang mengandung unsur dan senyawa
3.2 Mengidentifikasi air sadah
3.3 Menunjukkan
kegunaan dan bahaya unsur dan senyawa
|
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
4.
|
Mendeskripsikan dasar-dasar getaran dan gelombang,
serta penerapannya dalam produk
teknologi sehari-hari
|
4.1 Mendiskripsikan
dasar-dasar getaran dan gelombang
4.2 Menerapkan
konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari
|
5.
|
Mendeskripsikan
dan membuat rancangan percobaan sederhana tentang dasar-dasar mekanika, serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
5.1 Menceritakan
bentuk energi dan perubahannya serta penerapannya dalam peristiwa sehari-hari
5.2 Menunjukan manfaat pesawat sederhana dalam kehidupan
sehari-hari
5.3 Melakukan percobaan sederhana dasar-dasar mekanika
|
6.
|
Memaparkan konsep perubahan yang terjadi di alam serta
menyadari pentingnya lingkungan alam
semesta sebagai sumber energi kehidupan
|
6.1 Menjelaskan
daur ulang air dan gejala-gejala alam yang terjadi di bumi serta dampaknya
bagi mahluk hidup
6.2 Menjelaskan
pemanfaatan gejala alam sebagai sumber energi kehidupan sehari-hari
|
Kelas XII, Semester
1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
1.
|
Mengaplikasikan cara-cara pembudidayaan tanaman dan
hewan
|
1.1 Mengidentifikasi cara-cara pembudidayaan
tanaman dan hewan
1.2 Mengidentifikasi kebutuhan tanaman dan hewan peliharaan
1.3 Mempraktekkan cara-cara pembudidayaan
tanaman dan hewan
|
2.
|
Melaksanakan percobaan sederhana berkaitan
dengan proses yang terjadi pada tumbuhan.
|
2.1 Mengidentifikasi pengaruh faktor luar
terhadap tumbuhan
2.2 Melakukan percobaan sederhana tentang
proses yang terjadi pada tumbuhan
|
3.
|
Menerapkan konsep pemuaian dalam hubungannya
dengan proses-proses khusus yang terjadi di lingkungan
|
3.1 Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya
3.2 Menjelaskan prinsip pemuaian dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
4.
|
Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan untuk
memahami keterkaitannya dengan pemanfaatan teknologi dalam kehidupan
sehari-hari
|
4.1 Menerapkan konsep kelistrikan untuk memahami gejala-gejala
listrik statis
4.2 Mengidentifikasi listrik dinamis dalam
rangkaian
4.3 Mendeskripsikan gejala kemagnetan
4.4 Menerapkan konsep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan
prinsip kerja beberapa alat elektromagnetik
|
5.
|
Menerapkan konsep perubahan di
permukaan bumi dan hubungannya dengan proses-proses khusus yang terjadi di
lingkungan
|
5.1 Mengidentifikasi proses-proses khusus
yang terjadi di permukaan bumi
5.2 Mengidentifikasi proses-proses khusus
yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait dengan masalah
lingkungan
|
E. Arah
Pengembangan
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar menjadi
arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan
indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan
pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar
Penila
Tidak ada komentar: