Penilaian dan evaluasi Modul IPA berbasis inkuiri terbimbing - skripsi man (dulrohman webs)

Rabu, 28 September 2016

Penilaian dan evaluasi Modul IPA berbasis inkuiri terbimbing



A.    Deskripsi Lokasi Penelitian
1.      Geografis
SD muhammadiyah Danunegaran merupakan sekolah dasar yang terletak di jalan Parangtritis 46 Yogyakarta. SD Muhammadiyah ini terletak di sekitar pemukiman masyarakat, Sekolah ini berdiri di tanah wakaf seluas 842 m2 milik Bapak Haji Muhammad Daikon.
2.      Visi Misi
a.       Visi Sekolah
Membentuk pribadi yang kuat,berilmu mumpuni serta berakhlah mulia
b.      Misi Sekolah
1) Memiliki rukun iman dan islam yang kuat dan rutinitas beribadah
2) Memiliki Ilmu Pengetahuan Mata Pelajaran Pokok muatan   local,karakter bangsa, kecakapan hidup dan tehnologi informasi.
3) Memiliki dan membiasakan diri berakhlak mulia
3.      Keadaan Sekolah
SD muhammadiyah dnunegaran memiliki 6 ruang kelas. Selain memiliki ruang belajar siswa, SD Muhammadiyah Danunegaran juga memiliki ruang kantor guru dan karyawan. Selain itu terdapat fasilitas – fasilitas lain yang menunjang kegiatan belajar mengajar di SD Muhammadiyah. Fasilitas tersebut antara lain halaman sekolah, erpusatakaan, labotarium komputer, labotarium MIPA, Aula, dan ruang UKS.
Kegiatan belajar mengajar di SD Muhammadiyah dilaksanakan dari hari senin sampai dengan sabtu pada pukul 06:45-12:45 WIB yang di mulai dengan Tadarus Iqro untuk kelas awal dan al,Qur’an untuk kelas atas. Pada tahun ajaran 2015/2016 SD Muhammadiyah Danunegaran menggunakan kurikulum 2016 atau kurikulum KTSP Jumlah siswa di SD Muhammadiyah Danunegaran pada ajaran 2015/2016 tertera pada label dibawah ini.
Tabel 11.
Jumlah siwa SD Muhammadiyah Danunegaran
KELAS
L
P
JUMLAH
I
6
5
11
II
8
3
11
III
9
9
18
IV
8
6
14
V
12
4
16
VI
8
6
14
TOTAL
51
33
84

4.      Fasilitas
Fasilitas sekolah adalah hal-hal yag menunjang berlangsungnya roses mengajar. Fasilitas tersebut dapat mempermdah kegiatan belajar mengajar, baik bagi anak didik sendiri maupun bagi guru yang bersanngkutan. Fasilitas yang telah ada di SD Muhammadiyah Danunegaran Yogyakarta sesuai data sekolah pada tahun 2014 adalah sebagai berikut :
a.       Perpustakaan
Perpustakaan merupakan untuk mengatur, memelihara, dan menyimpan buku dan media pembelajaran untuk kepentingan
pengajaran sekolah. Dengan adanya perpustakaan mampu menigkatkan mutu pendidikan seperti fungsinya yaitu  untuk memberikan wawasan dan motivasi melalui gemar membaca serta untuk meningkatkan rasa ingin tahu melalui buku-buku yang ada di perpustakaan.
SD Muhammadiyah Danunegaran Yogyakarta mempunyai perpustakaan yang bernama “Perpustakaan Maudanata”. Di Perpustakaan ini tersedia banyak buku seperti buku pelajaran, buku bacaan, buku umum,dll.
b.      Laboratorium Komputer
SD Muhammadiyah Danunegaran emiliki laboraotium komputer yang terdiri dari 10 komputer. Laboratorium komputer ini digunakan untuk melatih siswa mengoprasikan komputer melalui pelajaran ataupun ektrakulikuler.
c.       Ruang UKS
Ruang UKS (Unit Kesehatan Sekolah) SD Muhammadiyah Danunegaran digunakan untuk merawat siswa yang sedang sakit ketika di sekolah, Di UKS ini tersedia dua tempat tidur dan kotak  P3K untuk merawat siswa yang sakit.
d.      Laboratorium MIPA
Ruangan ini untuk menyimpan berbagai macam media pembelajaran dan alat peraga yang berkatian dengan pelajaran IPA dan Matematika.Tetapi ruangan ini juga digunakan untuk menyimpan alat peraga mata pelajaran lain selain itu apabila ada  jadwal tari ruangan ini juga digunakan untuk pembelajaran tari. Koleksi dalam ruangan ini untuk menunjang keberlangsungan kegiatan belajar mengajar disekolah.
e.       Mushola
Mushola ini digunakan untuk kegiatan-kegiatan keagamaan seperti sholat dhuha, sholat Dhuhur berjamaah, dan juga sholat juma’at. Sholat Dhuha dan sholat Dhuhur dilakukan secara rutin oleh kelas III,IV,V,VI. Selain itu mushola ini juga digunakan oleh warga sekitar sekolah untuk sholat tarawih berjamaah pada bulan Ramadhan.
f.       Aula
Ruangan ini sering digunakan untuk petemuan wali murid dan guru-guru setiap 2 bulan sekali untuk membahas tentang keadaan pembelajaran dan administrasi sekolah. Selain itu ruangan ini juga sering digunakan untuk pembelajaran karena di aula ini terdapat LCD. Apabila cuaca diluar lapangan tidak mendukung untuk pembelajaran olahraga maka pembelajaran dilkukan di aula
g.      Gudang sekolah
Tempat ini seing digunakan untuk menyimpan berbagai macam perlatan olahraga dan peralatan ektrakulikuler seperti drum band.
h.      Kantin
Sekolah ini juga terdapat kantin yang menyediakan berbagai macam makanan ringan untuk anak-anak. Kantin ini dikelola oleh istri dari salah satu guru ekstrakulikuler Tapak suci. Makanan ringan yang dijual biasanya desediakan oleh salah satu guru TU di SD Muhammadiyah Danunegaran.
i.        Parkir
Sekolah ini juga dilengkapi dengan fasilitas parkir, tetapi masih sangat terbatas sehingga sebagian besar siswa diantar jemput oleh orang tua dan banyak juga yang masih jalan kaki
j.        Lapangan
Lapangan yang ada di SD Muhammadiyah Danunegaran masih sangat terbatas, sehingga kurang memungkinkan untuk pembelajaran diluar kelas.
B.     Hasil Penelitian
Hasil penelitian mejelaskan tentang uji coba yang diperolah ketika validasi produk modul IPA berbasis inkuiri terbimbing dan uji coba lapangan. Berikut adalah hasil penilaian uji ahli, uji coba lapangan awal, uji coba lapangan dan uji coba pelaksanaan lapangan.
a.       Penilaian dan Evaluasi Uji Ahli
1)      Penilaian Ahli Materi
Penilaian dan evaluasi Modul IPA berbass kuiri terbimbing
pada materi pesawat sedarhana dilakukan oleh Panji Hidayat yang merupakan salah satu dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang berkompeten di bidang sains SD dengan latar belakang Pendidikan Sains jejang pendidikan S2. Berikut hasil penilaian, komentar serta saran terhadap modul IPA berbasis inkuiri terbimbing melalui pengisian angket pada hari kamis, 27 Agustus 2015 oleh ahli materi.
Ahli materi memberikan penilaian mengenai berbagai hal yang menyangkut aspek kualitas materi secara sepesifik dan mendalam. Kategori sangat baik meliputi: sangat mudah dipahami, jelas, menarik, sesuai dan bermanfaat diberi nilai 3.kategori kurang baik meliputi: Kurang mudah dipahami, kurang jelas, kurang menarik, kurang sesuai, dan kurang bermanfaat diberi nilai 2.kategori tidak baik meliputi: tidak mudah dipahami, tidak jelas, tidak menarik, tidak sesuai, dan tidak bermanfaat diberi nilai 1. Hasil penilaian ahli materi dapat dilihat dari label berikut :
Tabel 11 .
Hasil Penilaian Ahli materi terhadap modul IPA

No
Indikator
Skor
Katergori
Aspek isi
1
Kesesuaian materi dengan Standar Komptensi-Kompetensi Dasar
4
sangat baik
2
Kesesuaian kompetensi dasar dengan materi
4
sangat baik
3
Kejelasan petunjuk penggunaan modul
4
sangat baik
4
Kegiatan dalam modul memotivasi siswa untuk bekerjasama dengan orang lain
4
sangat baik
5
Kesesuaian materi dengan perkembangan siswa
3
baik
6
Kesesuaian materi dengan perkembangan ilmu
4
sangat baik
7
Kesesuaian materi dengan perkembangan ilmu
2
tidak baik



No
Indikator
Skor
Kategori

Pengetahuan
4

8
Ketepatan dalam penjelasan materi
4
sangat baik
9
Kesesuaian materi dengan real life
4
sangat baik
10
Kesesuaian akurasi konsep

sangat baik
11
kegiatan modul menekankan pada proses inkuiri
3
 baik
12
Pertanyaan yang ada memberikan petunjuk untuk menemukan konsep secara terbimbing

sangat baik
13
Kesesuaian evaluasi dengan materi
4
sangat baik
14
Gambar dalam modul menumbuhkan motivasi untuk membaca
4
sangat baik
Aspek Kebahasan
15
Kesesuaian dengan kaidah bahasa indonesia
3
 baik
16
Kesesuaian pemilihan kata
4
sangat baik
17
Kesesuaian gaya bahasa
4
sangat baik
18
Kejelasan informasi pada ilustrasi gambar
4
sangat baik

jumlah
67


nilai
93,05


kategori
baik sekali


Dapat diketahui dari table diatas jumlah sekor 67 sehingga nilai 93 dengan perhitungan sebagai berikut :
nilai =
jumlah skor yang diperoleh
X 100

jumlah skor maksimal

=  x 100


= 93,05


Kemudian dikonversikan kedalam data kualitatif berikut :
            Skor antara 80 – 100 = baik sekali
Skor antara 66 - 79    = baik
Skor antara 56 – 65    = cukup
Skor antara 40 – 55    = kurang
Skor antara 30 -39      = gagal
Maka apabila penilaian ahli materi dikonversikan ke dalam data kualitatif Modul IPA termasuk dalam kategori baik
2)   Penilaian Ahli Media
Penilaian dan evaluasi Modul IPA berbasis inkuiri terbimbing materi pesawat sederhana dilakukan oleh Muh. Ragil Kurniawan, yang merupakan salah satu dosen pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang berkompeten di bidang media pembelajaran dengan latar belakang Pendidikan Teknologi Pendidikan jenjang pendidikan S2. Berikut hasil penilaian, komentar serta saran terhadap modul IPA berbasis inkuiri terbimbing melalui pengisian angket pada hari selasa, 25 Agustus 2015 oleh ahli media.
Ahli media memberikan penilaian mengenai berbagai hal yang menyakut aspek kualits priduk secara spesifik dan mendalam kategori sangat baik meliputi : sangat mudah dipahami, sangat jelas, sangat menarik, sangat sesuai, dan sangat bermanfaat diberi nilai 4. Katergori baik meliputi : Mudah dipahami, jelas, menarik, sesuai, dan bermanfaat diberi nilai 3. Kategori kurang baik meliputi : Kurang mudah dipahami, kurang jelas, kurang menarik, kurang sesuai dan kurang bermanfaat diberi nilai 2. Kategori tidak baik meliputi : tidak mudah dipahami, tidak jelas, tidak menarik , tidak sesuai dan tidak bermanfaat diberi nilai 1 . Hasil penilaian ahli materi sebagai berikut :
Tabel 12
Hasil Penilaian ahli media terhadap Modul IPA

No
Indikator
Skor
Kategori
Aspek Kegrafikan  
1
Kesesuaian ukuran buku
4
sangat baik
2
Kemenarikan desain cover
4
sangat baik
3
Kesesuaian dalam pemilihan warna
4
sangat baik
4
Ukuran huruf mudah dibaca
4
sangat baik
5
Kesesuaian dalam pemilihan jenis huruf
3
baik
6
Ketepatan dalam penggunaan spasi
3
baik
7
Kesesuaian penggunaan ilustrasi dengan materi modul
4
sangat baik
8
Penyajian modul menimbulkan rasa menyenangKan
3
baik

aspek penyajian


9
Alat dan bahan dalam praktikum dapat ditemukan didalam kehidupan sehari-hari
3
baik
10
Ketepatan judul modul
4
sangat baik
11
Kejelasan Kata pengantar
4
sangat baik
12
Kejelasan petunjuk penggunaan modul
3
tidak baik
13
Kesesuaian daftar isi
2
sangat baik
14
Kejelasan latar belakang pendahuluan
4
sangat baik
15
Kesesuaian SKKD
4
sangat baik
16
Kejelasan peta Konsep
4
sangat baik
17
Kejelasan uraian manfaat
3
baik
18
Kejelasan urutan pembelajaran
3
baik




No
Indikator
Skor
Kategori
19
Kejelasan uraian materi
3
Baik
20
Kejelasan penulisan rangkuman
3
Baik
21
Latihan memuat kegiatan praktikum
4
Sangat baik
22
Kesesuaian latihan/ tes dengan dengan materi
4
Sangat baik
23
Kejelasan glosarium
3
Baik
24
Ketepatan penulisan daftar pustaka
4
Sangat baik
25
Kejelasan kunci jawaban
4
Sangat baik

Jumlah
88


Rata-rata
88


Kategori
Baik sekali

Dapat diketahui dari table diatas jumlah skor 88 sehingga nilai 88 dengan perhitungan sebagai berikut :
nilai =
jumlah skor yang diperoleh
X 100

jumlah skor maksimal

=  x 100


= 88







Kemudian dikonversikan kedalam data kualitatif berikut :
            Skor antara 80 – 100 = baik sekali
Skor antara 66 - 79     = baik
Skor antara 56 – 65     = cukup
Skor antara 40 – 55     = kurang
Skor antara 30 - 39      = gagal
Maka apabila penilaian ahli materi dikonversikan ke dalam data kualitatif Modul MIPA termasuk dalam kategori baik sekali

3)       Penilaian Ahli Pembelajaran
Penilaian dan evaluasi Modul IPA berbasis inkuiri terbimbing pada materi pesawat sederhana dilakukan oleh Amaliyah Ulfah , yang merupakan salah satu dosen pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan berkompeten dibidang pendidikan dasar dengan latar belakang pendidikan S2. Berikut hasil penilaian, komentar serta saran terhadap modul IPA beerbasis inkuiri terbimbing melalui pengisian angket pada hari sabtu , 29 Agustus 2015 oleh ahli media.
Ahli pembelajaran memberikan penilaian mengenai berbagai hal yang menyangkut aspek kualitas produk secara spssifik dan mendalam. Kategori sangat baik meliputi : sangat mudah dipahami, sangat jelas, sangat menarik, sangat sesuai, dan sangat bermanfaat diberi nilai 4. Katergori baik meliputi : Mudah dipahami, jelas, menarik, sesuai, dan bermanfaat diberi nilai 3. Kategori kurang baik meliputi : Kurang mudah dipahami, kurang jelas, kurang menarik, kurang sesuai dan kurang bermanfaat diberi nilai 2. Kategori tidak baik meliputi : tidak mudah dipahami, tidak jelas, tidak menarik , tidak sesuai dan tidak bermanfaat diberi nilai 1 . Hasil penilaian ahli materi dapat dilihat dari tabel berikut :



Tabel 13.
Hasil penilaian Ahli Pembelajaran terhadap Modul IPA
No
Indikator
Skor
Kategori
Aspek isi
1
Kesesuaian materi dengan standar Kompetensi Dasar
3
baik
2
Kesesuaian  Kompetensi dasar dengan materi
3
baik
3
Kejelasan petunjuk penggunaan modul
3
baik
4
Adanya perilaku sikap ilmiah dalam modul
3
baik
5
Kegiatan dalam moduil memotivasi siswa untuk bekerjasama dengan orang lain
2
tidak baik
6
Kesesuaian materi dengan perkembangan siswa
3
baik
7
Kesesuaian materi dengan perkembangan ilmu pengetahuan
3
baik
8
Ketepatan dalam penjelasan materi
3
baik
9
Kesesuaian materi dengan real life
3
baik
10
Kesesuaian akurasi konsep
3
baik
11
Kesesuaian evaluasi dengan materi
3
baik
12
Gambar dalam modul menumbuhkan motivasi untuk membaca
3
baik
Aspek Pembelajaran 
  
13
Modul melibatkan peserta didik
3
baik
14
Modul berpusat pada siswa
3
baik
15
Modul penyajian modul menciptakan komunikasi interaktif
2
tidak baik
16
Modul menyajikan umpan balik untuk evaluasi siswa
3
baik
17
Modul memberikan pengalaman langsung kepada siswa
3
baik
18
Mengarahkan pesera didik untuk menggunakan peralatan eksperimen
3
baik
19
Kegiatan modul menekankan pada proses inkuiri
3
baik


No
Indikator
Skor
Kategori
20
Pertanyaan yang ada untuk menemukan konsep secara terbimbing
3
Baik

Jumlah
58

Rata-rata
72,50

Kategori
Baik

Dapat diketahui dari table diatas jumlah skor 88 sehingga nilai 88 dengan perhitungan sebagai berikut :
nilai =
jumlah skor yang diperoleh
X 100

jumlah skor maksimal

=  x 100


= 72,50







Kemudian dikonversikan kedalam data kualitatif berikut :
            Skor antara 80 – 100   = baik sekali
Skor antara 66 - 79     = baik
Skor antara 56 – 65     = cukup
Skor antara 40 – 55     = kurang
Skor antara 30 - 39      = gagal
Maka apabila penilaian ahli materi dikonversikan ke dalam data kualitatif Modul IPA termasuk dalam kategori baik

b.      Penilaian dan evaluasi Uji Penggunaan Produk
Uji coba lapangan dilakukan setelah Modul IPA berbasis inkuiri terbimbing direvisi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli  pembelajaran. Uji coba penggunaan produk dilakukan dengan tujuan mengetahui penilaian guru dan siswa terhadap kelayakan Modul IPA berbasis inkuiri terbimbing ini. Penilaian guru dan siswa terhadap uji penggunaan produk adalah sebagai berikut :
1)         Uji coba Lapangan Awal
Uji lapangan awal dilakukan pada hari senin, 31 Agustus 2015 dikelas V SD Muhammadiyah Danunegaran Yogyakarta. Uji lapangan awal diambil 4 orang siswa, berdasarkan prestasi rendah sedang, tinggi. Keempat siswa diminta untuk mempelajari dan melakukan kegiatan eksperimen melalui Modul IPA berbasis inkuiri terbimbing. Penilaian, kritik, dan saran dalam uji lapangan awal adalah sebagai berikut :
Tabel 14.
Respon siswa terhadap Modul IPA
(Uji coba lapangan awal)
No
Aspek
Indikator
Jumlah Jawaban ya
Persentase
Kategori
1
isi
Materi dalam modul sesuai dengan kebutuhan saya
4
100
baik sekali
2
Percobaan dalam Modul membantu saya menemukan peristiwa yang ada dalam kehidupan sehari-hari
4
100
baik sekali
3
Alat dan bahan mudah saya temukan dilingkungan sekitar
4
100
baik sekali
4
Tujuan belajar yang ada didalam modul mudah saya pahami
4
100
baik sekali
5
kegiatan dalam modul memotivasi saya untuk bekerjasama dengan orang lain
4
100
baik sekali

No
Aspek
Indikator
Jumlah Jawaban ya
Persentase
Kategori
6
isi
Pertanyaan dalam modul memberikan saya petunjuk untuk menemukan konsep materi Pesawat Sederhana
4
100
baik sekali
7
Penyajian
Petunjuk penggunaan modul mudah dipahami
4
100
baik sekali
8
Saya senang pembelajaran dengan modul IPA Pesawat Sederhana karena dapat melakukan percobaan bersama teman
4
100
baik sekali
9
Modul IPA Pesawat Sederhana menarik
4
100
baik sekali
10
Langkah-langkah kegiatan eksperimen mudah saya pahami
3
75
baik
11
Modul IPA Pesawat Sederhana membuat pembelajaran IPA menjadi menyenangkan
3
75
baik
12
Modul IPA Pesawat Sederhana mudah untuk digunakan
4
100
baik sekali
13
Bahasa
Bahasa yang digunakan dalam modul mudah saya pahami
2
50
cukup
14
Langkah-langkah kegiatan menggunakan bahasa yang mudah dipahami
2
50
cukup


No
Aspek
Indikator
Jumlah Jawaban ya
Persentase
Kategori
15

Pertanyaan yang ada dalam modul mudah saya pahami
2
50
cukup
16
Kegrafikan
Gambar yang ada dalam modul menarik
2
50
cukup
17
Gambar dalam modul memotivasi saya dalam pembelajaran IPA
3
75
baik
18
Huruf dalam modul mudah dibaca
2
50
cukup
Jumlah skor
59
Nilai
81,94
Kategori
Baik sekali

Tabel diatas adalah hasil penilaian respon siswa terhadap modul IPA berbasis inkuiri terbimbing pada uji coba lapangan awal. Diperoleh skor seluruhnya adalah 59 sehingga dapat dihitung sebagai berikut :
P =  X 100
   =  X 100
   = 81,94

Apabila  nilai tersebut dikonversikan ke dalam nilai kualitatif maka bahan ajar Modul IPA berbasis inkuiri Terbimbing termasuk dalam kategori baik sekali. Penilaian respon guru IPA
                        
Pada uji lapangan awal terhadap  modul IPA berbasis inkuiri terbimbing adalah  sebagai berikut :
Tabel 15
Penilaian Respon Guru terhadap Modul
(Uji Coba Lapangan Awal)

No.
Aspek
Indikator
Penilaian
1
isi
Materi dalam modul sesuai standar Kompetensi Dasar
Ya
2
Materi dalam modul jelas
Ya
3
Materi dalam modul sesuai dengan perkembangan siswa
Ya
4
Kegiatan dalam modul merangsang siswa untuk aktif dalam pembelajaran
Ya
5
Kegiatan yang disajikan dalam modul menekankan proses inkuiri
Ya
6
Kegiatan dalam modul mendorong siswa untuk bekerjasama dengan orang lain
Ya
7
Pertanyaan yang ada dalam modul memberikan petunjuk untuk menemukan konsep secara terbimbing
Ya
8
Bahasa
Bahasa yang digunakan sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia
Tidak
9
Bahasa  yang digunakan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa
Ya
10
Struktur kalimat yang digunakan jelas
Ya
11
Konsistensi dalam penggunaan istilah
Ya
12
Penyajian
Penyajian modul IPA disajikan secara sistematis
Ya
13
Gambar ilustrasi dalam modul jelas
Ya
14
Penyajian modul menarik
Ya
15
Penyajian modul memotivasi siswa untuk belajar IPA
Ya
16
Penggunaan ilustrasi dalam modul sesuai materi
Ya
17
Kegrafikan
Gambar yang digunakan menarik
Ya
18
Huruf yang digunakan mudah untuk dibaca
Ya
19
Design cover modul dapat memotivasi siswa untuk belajar siswa
Ya


No.
Aspek
Indikator
Penilaian
20

Design modul secara keseluruhan menarik
ya
Jumlah skor
19
Nilai
95
Kategori
Baik Sekali





           Tabel diatas  adalah hasil  penilaian respon guru IPA terhadap modul IPA berbasis inkuiri terbimbing pada uji coba lapangan awal. Diperoleh skor seluruhnya adalah 19 sehingga dapat dihitung nilai sebagai berikut :
P =  X 100
   =  X 100
   = 95
Apabila nilai tersebut dikonversikan kedalam nilai kualitatif maka bahan ajar Modul IPA berbasis inkuiri Terbimbing termasuk dalam kategori baik sekali.
Dari seluruh penilain siswa dan guru ketika uji coba lapangan awal dapat dicari rata-rata sebagai berikut :
X =
               = 81,94 + 95
               = 88,47




Apabila nilai tersebut dikonversasikan ke dalam nilai kualitatif  maka bahan ajar Modul IPA berbasis inkuiri Terbimbing  pada tahap uji coba lapangan awal termasuk dalam kategori baik sekali
2)         Uji Coba Lapangan
Uji coba lapangan dilakukan setelah merevisi produk hasil penilaian uji coba lapangan awal yang dilaksanakan pada hari Rabu, 02 September 2015  di kelas V SD Muhammadiyah Danunegaran Yogyakarta. Uji lapangan awal diambil 8 orang siswa, berdasarkan prestasi rendah, sedang, tinggi. Kedelapan siswa diminta untuk mempelajari dan melakukan kegiatan eksperimen melalui Modul IPA berbasis inkuiri terbimbing. Adapun penilaian, kritik dan saran dalam uji coba lapangan adalah sebagai berikut :
Tabel 16
Respon Siswa terhadap Modul IPA
No
Aspek
Indikator
Jumlah jawaban ya
Persentase
Kategori
1
Isi
Materi dalam modul seusai dengan kebutuhan saya
7
87
 Baik sekali
2
Percobaan dalam modul membantu saya menemukan peristiwa yang ada dalam kehidupan sehari-hari
8
100
 Baik sekali
3
Alat dan bahan mudah saya temukan dilingkungan sekitar
6
75
 Baik




No
Aspek
Indikator
Jumlah jawaban ya
Persentase
Kategori
4

Isi


Tujuan belajar yang ada dialam modul mudah saya pahami
7
87
baik sekali
5
Kegiatan dalam modul memotivasi saya untuk bekerja sama dengan orang lain
7
87
baik sekali
6
Pertanyaan dalam modul memberikan saya petunjuk untuk menemukan konsep materi pesawat sederhana
8
100
baik sekali
7
Petunjuk penggunaan modul mudah dipahami
8
100
baik sekali
8
Penyajian
Saya senang pembelajaran dengan modul IPA pesawat sederhana karena dapat melakukan percobaan bersama teman
8
100
baik sekali
9
Modul IPA pesawat sederhana menarik
7
87
baik sekali
10
Langkah-langkah eksperimen mudah saya pahami
7
87
baik sekali
11
Modul IPA pesawat sederhana membuat pembelajaran IPA menjadi menyenangkan
8
100
baik sekali






No
Aspek
Indikator
Jumlah jawaban ya
Persentase
Kategori
12

Modul IPA pesawat Sederhana  mudah digunakan
8
100
baik sekali
13
Bahasa
Bahasa yang digunakan dalam modul mudah saya pahami
6
75
baik
14
Langkah-langkah kegiatan menggunakan bahasa yang mudah dipahami
8
100
baik sekali
15
Pertanyaan dalam modul mudah saya pahami
8
100
baik sekali
16
Kegrafikan
Gambar yang ada dalam modul menarik 
8
100
baik sekali
17
Gambar dalam modul memotivasi saya dalam pembelajaran
8
100
baik sekali
18
Huruf dalam modul mudah dibaca
7
87
baik sekali
Jumlah skor
134
Nilai
93,05
Kategori
Baik Sekali

Tabel diatas dalah hasil penelitian respon siswa terhadap modul IPA berbasis Inkuiri terbimbing pada uji coba lapangan.




Diperoleh skor seluruhnya adalah 134 sehingga dapat dihitung nilai sebagai berikut :
P =  X 100
   =  X 100
   = 93,05
Apabila nilai tersebut dikonversikan kedalam nilai kualitatif maka bahan ajar Modul IPA berbasis Inkuiri Terbimbing termasuk dalam kategori baik sekali. Penilaian respon guru IPA pada uji coba lapangan terhadap Modul IPA berbasis Inkuiri Terbimbing adalah sebagai berikut :
Tabel 17.
Penilaian Respon Guru terhadap Modul
(Uji Coba Lapangan)
No
Aspek
Indikator
Penilaian
1
Isi
Materi dalam modul sesuai dengan Standar Kompetensi dengan Kompetensi Dasar
ya
2
Materi dalam modul jelas
ya
3
Maeri dalam modul sesuai dengan perkembangan siswa
ya
4
Kegiatan dalam modul merangsang siswa untuk aktif dalam pembelajaran
ya
5
Kegiatan yang disajikan dalam modul menekankan proses Inkuiri
ya
6
Kegiatan dalam modul mendorong siswa untuk bekerjasama dengan orang lain
ya
7
Pertanyaan yang ada dalam modul memberikan petunjuk untuk menemukan konsep secara terbimbing
ya
8
Bahasa
Bahasa yang digunakan sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia
tidak
9
Bahasa yang digunakan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa
ya
10
Struktur kalimat yang digunakan jelas
ya

No
Aspek
Indikator
Penilaian
11
Isi
Konsistensi dalam penggunaan istilah
ya
12
 Penyajian
Penyajian modul IPA disajikan secara sistematis
ya
13
Gambar ilustrasi dalam modul jelas
ya
14
Penyajian modul menarik
ya
15
Penyajian modul memotivasi siswa untuk belajar IPA
ya
16
Penggunaan ilustrasi dalam modul sesuai materi
ya
17
Bahasa
Gambar yang digunakan menarik
ya
18
Huruf yang digunakan mudah untuk dibaca
ya
19
Desain cover modul dapat memotivasi siswa untuk belajar IPA
ya
20
Desain modul secara keseluruhan menarik
ya
Jumlah Skor
19
Nilai
95
Kategori
Baik sekali

Tabel diatas adalah hasil penilaian respon guru IPA terhadap modul IPA berbasis inkuiri terbimbing pada uji coba lapangan. Diperoleh skor seluruhnya adalah 19 sehingga dapat dihitung nilai sebagai berikut :
P =  X 100
   =  X 100
   = 95
Apabila nilai tersebut dikonversikan kedalam nilai kualitatif maka bahan ajar Modul IPA berbasis Inkuiri Terbimbing termasuk dalam kategori baik sekali.
Dari seluruh penilaian siswa dan guru ketika uji coba lapangan dapat dicari rata-rata sebagai berikut :
X =
               =
               = 94,02
Apabila nilai tersebut dikonversikan dalam data kualitatif maka penilaian bahan ajar Modul IPA berbasis Inkuiri terbimbing pada tahap uji coiba lapangan termasuk dalam kategori baik sekali
3)         Uji Pelaksanaan Lapangan
Uji pelaksanaan lapagan ini digunakan untuk mengetahui kelayakan Modul IPA berbasis Inkuiri Terbimbing dari sudut pandang siswa dan guru dengan subjek yang lebih luas yaitu satu kelas. Uji pelaksanan lapangan ini dilakukan pada hari sabtu, 05 Septermber 2015 kepada seluruh siswa kelas V SD Muhammadiyah Danunegaran Yogyakarta yang berjumlah 14 orang, 4 orang putri dan 10 orang putra. Hasil uji pelaksanaan lapangan Modul IPA berbasis Inkuiri Terbimbing dari siswa dan guru sebagai berikut :
Tabel 18.
Respon siswa terhadap Modul IPA
(Uji Pelaksanaan Lapangan)
No
Aspek
Indikator
Jumlah Jawaban Ya
Persentase
Kategori
1
Isi
Materi dalam modul sesuai dengan kebutuhan saya
14
87
Baik sekali

No
Aspek
Indikator
Jumlah Jawaban Ya
Persentase
Kategori
2
Isi
Percobaan dalam modul membantu saya menemukan peristiwa yang ada dalam kehidupan sehari-hari
16
100
baik sekali
3
Alat dan bahan mudah saya temukan dilingkungan sekitar
15
93
baik sekali
4
Tujuan belajar yang didalam modul mudah saya pahami
15
93
baik sekali
5
Kegiatan dalam modul memotivasi saya untuk bekerjasama dengan orang lain
16
100
baik sekali
6
Pertanyaan dalam modul memberikan saya petunjuk untuk menemukan konsep materi pesawat sederhana
15
93
baik sekali
7
Penyajian
petunjuk penggunaan modul mudah dipahami
14
87
baik sekali
8
saya senang pembelajaran dengan modul IPA pesawat sederhana karena dapat melakukan percobaan bersama teman
16
100
baik sekali




No
Aspek
Indikator
Jumlah Jawaban Ya
Persentase
Kategori
9

Modul IPA pesawat sederhana menarik
15
93
baik sekali
10
Langkah-langkah kegiatan eksperimen mudah saya pahami
15
93
baik sekali
11
Modul IPA pesawat sederhana membuat pembelajaran IPA menjadi menyenangkan
16
100
baik sekali
12
Modul IPA pesawat sederhana mudah untuk digunakan
14
87
baik sekali
13
Bahasa
Bahasa yang digunakan dalam modul mudah saya pahami
16
100
baik sekali
14
Langkah-langkah kegiatan menggunakan bahasa yang mudah dipahami
16
100
baik sekali
15
Pertanyaan yang ada dalam modul mudah saya pahami
16
100
baik sekali
16
Kegrafikan
Gambar yang ada dalam modul menarik
15
93
baik sekali
17
Gambar dalam modul memotivasi saya dalam pembelajaran IPA
14
87
baik sekali
18
Huruf dalam modul mudah dibaca
13
81
baik sekali
Jumlah Skor
271
Nilai
94,09
Kategori
Baik Sekali




Tabel diatas adalah hasil penilaian respon siswa terhadap modul IPA berbasis inkuiri terbimbing pada uji coba pelaksanaan Lapangan. Diperoleh skor seluruhnya adalah 271 sehingga dapat dihitung nilai sebagai berikut :
P =  X 100
   =  X 100
   = 94,09
Apabila nilai tersebut dikonversikan ke dalam nilai kualitatif maka bahan ajar Modul IPA berbasis inkuiri terbimbing termasuk dalam kategori baik sekali. Penialian respon guru IPA pada uji pelaksanaan lapangan terhadap Modul IPA berbasis Inkuiri terbimbing adalah sebagai berikut :
Tabel 19.
Penilaian Respon Guru terhadap Modul
(Uji Pelaksanaan Lapangan)
No
Aspek
Indikator
Penilaian
1
Isi
Materi dalam  modul sesuai dengan Standar Kompetensi Dasar
Ya
2
Materi dalam  modul jelas
Ya
3
Materi dalam  modul sesuai dengan perkembangan siswa
Ya
4
Kegiatan dalam  modul merangsang siswa untuk aktif dalam pembelajaran
Ya
5
Kegiatan yang disajikan dalam modul menekankan proses inkuiri
Ya



No.
Aspek
Indikator
Penilaian
6

Kegiatan dalam modul mendorong siswa untuk bekerja sama dengan orang lain
ya
7
Pernyataan yang ada dalam modul memberikan pertunjuk untuk menemukan konsep secara terbimbing
ya
8
Bahasa
Bahasa yang digunakan sesuai dengan kaidah bahasa indonesia
tidak
9
Bahasa yang digunakan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa
ya
10
Struktur kalimat yang digunakan jelas
ya
11
Konsistensi dalam penggunaan istilah
ya
12
Penyajia
Penyajian modul IPA disajikan secara sistematis
ya
13
Gambar ilustrasi dalam modul jelas
ya
14
Penyajian modul menarik
ya
15
Penyajian modul memotivasi siswa untuk belajar IPA
ya
16
Peggunaan ilustrasi dalam modul sesuai materi
ya
17
Kegrafikan
Gambar yang digunakan menarik
ya
18
Huruf yang digunakan mudah untuk dibaca
ya
19
Desain cover modul dapat memotivasi siswa belajar IPA
ya
20
Desain modul secara keseluruhan menarik
ya
Jumlah skor
19
Nilai
85
Kategori
Baik sekali

Tabel diatas adalah hasil penilaian respon guru IPA terhadap modul IPA berbasis inkuiri terbimbing pada uji pelaksanaan lapangan. Diperoleh skor seluruhnya adalah 19 sehingga dapat dihitung nilai sebagai berikut :
P =  X 100
   =  X 100
   = 95
Apabila nilai tersebut dikonversikan kedalam nilai kualitatif maka bahan ajar Modul IPA berbasis Inkuiri Terbimbing termasuk dalam kategori baik sekali.
Dari seluruh penilaian siswa dan guru ketika uji coba lapangan dapat dicari rata-rata sebagai berikut :
X =
               =
               = 94,54
Apabila nilai tersebut dikonversikan dalam data kualitatif maka penilaian bahan ajar Modul IPA berbasis Inkuiri terbimbing pada tahap uji coiba lapangan termasuk dalam kategori baik sekali
C.    Analisis Data
1.      Analisis data kualitatif
Analisis data kualitatif digunakan untuk mengolah data yang diperoleh dari hasil tanggapan guru siswa dan validasi ahli. Saran dan kritik dari penilaian bahan ajar Modul IPA berbasis inkuiri terbimbing adalah sebagai berikuit :
a.       Analisis Ahli Materi
Selain memberikan penilaian berupa skor, ahli materi juga memberikan penilaian berupa kritik dan saran yang bersifat membangun  agar bahan ajar yang dikembangkan dapat lebih baik lagi. saran yang diberikan ahli materi adalah sebagi berikut :
1)      Tambah apresisasi secar a umum tentang pesawat sederhana.
2)      Tambah tugas, missal pengamatan orang bekerja menggunakan pesawat sederhana jenis tertentu.
3)      Tambah “tahukah kami” lebih banyak, mislanya asal penemuan katrol dari Eurasia, gerobak dorong dari cina.
b.      Analisis Ahli Media
Ahli media juga memberikan kritik dan saran yang bertujuan guna memperbaiki bahan ajar modul IPA berbasis inkuiri terbimbing adar lebih baik lagi. Saran yang diberikan oleh ahli media adalah sebagai berikut :
1)      Format daftar isi agar dibuat sama antara materi pokok dengan materi pengantar, agar tidak mengecoh pembaca.
2)      Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan, uji coba yang ditawarkan bias membuat lebih banyak.
c.       Analisis Ahli Pembelajaran
Seperti halnya ahli materi dan ahli media, ahli pembelajaran memberikan kritik dan saran guna memperbaiki bahan ajar Modul IPA berbasis inkuiri terbimbing agar lebih efektif. Adapun penilaian kritik dan saran dari ahli pembelajaran adalah sebagai berikut :
1)      Peta konsep sebaiknya diletakkan setelah  SK&KD
2)      Beberapa tata tulis masih ada yang perlu diperbaiki
3)      Pertanyaan dalam kolom eksperimen, sebaiknya disediakan tempat untuk menuilis jawaban (misalnya : jawablah pertanyaan berikut dibuku tulismu !)
4)      Setiap gambar perlu diberi keterangan karena tidak semua siswa tahu/faham.
d.      Analisis Data Uji Coba Lapangan Awal
Ketika bahan ajar Modul IPA berbasis inkuiri terbimbing digunakan pada uji coba lapangan awal, guru dan siswa juga memberi kritik dan saran. Komentar dan saran dari siswa dan guru pada tahap uji coba lapangan awal adalah sebagai berikut :
1)      Siswa merasa senang dengan belajar menggunakan modul IPA Pesawat Sederhana karena dapat melakukan keigatan eksperimen
2)      Siswa merasa modul IPA Pesawat Sederhana mudah dipahami
3)      Bahasa yang digunakan dalam modul ipa Pesawat Sederhana belum memenuhi ktriteria kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar karena ada beberapa kata yang masih perlu diperbaiki
e.       Analisi Uji Coba Lapangan
Pada uji coba lapangan siswa juga member kritik dan saran. kritik dan saran yang diberikan pad uji coba lapangan sebagai berikut :
1)      percobaan-percobaan didalam modul IPA Pesawat Sederhana mudah dipelajari
2)      siswa merasa tertarik Modul IPA pesawat sederhana
3)      gambar yang didalam modul IPA pesawat sederhana sangat menarik sehingga menimbulkan minat baca siswa
f.       Analisis Data Uji Coba Pelaksanaan Lapangan
Respon penilaian siswa dan guru pada uji coba pelaksanaan lapangan adalah sebagai berikut :
1)      Siswa merasa bersemangat belajar dengan menggunakan modul IPA pesawat sederhana
2)      Siswa tertarik dengan gambar yang ada didalam modul IPA pesawat sederhana
3)      Warna yang ada didalam modul IPA pesawat sederhana menarik perhatian siswa untuk membaca
2.      Analisis data kuantitatif
Analisis data kuantitatif digunakan untuk mengolah data yang diperoleh dari hasil pengisian angket oleh ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran, guru dan siswa. Hasil data kuantitatif dari masing penilaian dapat dijelaska sebagai berikut :


Tabel 20.
Tabel data kuantitatif
No
Penilaian
Nilai
Kategori
1
Ahli Materi
93,05
baik sekali
2
Ahi Media
88
baik sekali
3
Ahli Pembelajaran
72,50
baik
4
Uji Coba Lapangan Awal
88,47
baik sekali
5
Uji Coba Lapangan
94,02
baik sekali
6
Uji Pelaksanaan Lapangan
94,54
baik sekali
Jumlah
530,58
Rata-rata
88,43
Kategori
baik sekali

D.    Revisi Produk
Berdasarkan hasil dari penilaian seluruh pihak baik ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran, siswa dan guru serta uji coba lapangan ada beberapa bagian Modul yang harus direvisi berdasarkan saran dan komentar yang diberikan. Perbaikan dan revisi dilakukan berdasarkan saran-saran yang diperoleh dari hasil validitas dan uji lapangan. Perbaikan Modul IPA berbasis inkuiri terbimbing materi pesawat sederhana sebagai berikut :
1.      Revisi Pakar Ahli
1)      Tambah tugas, missal pengamatan orang bekerja menggunakan pesawat sederhana jenis tertentu











Tambahan tugas pengamatan
2)      Tambah “tahukah kamu” lebih banyak











b.      Perbaikan berdasarkan Penilaian Ahli Media
1)      Format daftar isi agar dibuat sama materi materi pokok dengan materi pengantar, agar tidak mengecoh pembaca



















2)      Uji coba yang ditawarkan dibuat lebih banyak













c.       Perbaikan berdasarkan penilaian ahli pembelajaran
1)      Ketersediaan perintah tempat untuk menulis jawaban dari kesimpulan eksperimen















2)      Pemberian nama-nama barang pada gambar dalam modul











2.      Revisi Uji Lapangan
a.       Perbaikan kaidah bahasa Indonesia




















E.     Kajian Produk Akhir
Pengembangan Modul IPA berbasis inkuiri terbimbing materi pesawat sederhana untuk kelas V SD Muhammadiyah Danunegaran telah selesai dikembangkan. Proses pengembangan Modul IPA berbasis inkuiri terbimbing ini dilakukan dari tahap ke tahap sehingga dapat dihasilkan bahan ajar pembelajaran yang layak digunakan. Pengembangan bahan ajar ini melalui berbagai macam tahapan mulai dari validasi ahli dan juga uji coba lapangan. Validasi ahli dan uji coba lapangan ini dilakukan untuk memperoleh penilaian tehadap Modul IPA berbasis inkuiri terbimbing selain itu hal ini juga dilakukan untuk memperoleh data yang digunakan untuk merevisi Modul IPA berbasis inkuiri terbimbing.
Setelah dilakukan uji coba produk dapat diperoleh kesimpulan bahwa Modul IPA berbasis inkuiri terbimbing materi pesawat sederhana sudah menjadi produk akhir dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.











Gambar 9. Produk Akhir

Data yang diperoleh dari validasi ahli dan uji lapangan dianalisis guna memperoleh kesimpulan tentang penilaian Modul IPA berbasis inkuiri terbimbing materi pesawat sederhana. Data dari masing-masing penilaian dapat dijelaskan sebagai berikut :
1.      Tahap validasi ahli materi diperoleh skor 67 sehingga nilai yang diperoleh 93,05 dengan kategori baik sekali
2.      Tahap validasi ahli media diperoleh skor 88 sehingga nilai yang diperoleh 88 dengan kategori baik sekali
3.      Tahap validasi ahli pembelajaran diperoleh skor 58 sehingga nilai yang diperoleh 72,50 dengan kategori baik sekali
4.      Tahap uji lapangan awal diperoleh skor 59 sehingga nilai yang diperoleh 88,47 dengan kategori baik sekali
5.      Tahap uji coba lapangan diperoleh skor 134 sehingga nilai yang diperoleh 94,02 dengan kategori baik
6.      Tahap uji pelaksanaan lapangan diperoleh skor 271 sehingga nilai yang diperoleh 94,54 dengan kategori baik sekali
Apabila hasil tersebut digambarkan dalam bentuk diagram maka diperoleh diagram sebagai berikut :













Gambar 10. Diagram penilaian Modul IPA

Dari diagram diatas dapat diketahui bahwa terjadi kenaikan dan penurunan pada setiap penilaian Modul IPA berbasis inkuiri terbimbing materi pesawat sederhana dengan minimal kategori baik. Apabila dari keseluruhan nilai dalam diagram dicari rata-rata maka diperoleh :
X =
    =                              
    = 88,43
 Apabila dikonversikan dealam data kualitatif maka Modul IPA berbasis inkuiri terbimbing materi Pesawat Sederhana termasuk kedalam kategori baik sekali atau huruf A.






BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

A.    Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan Modul IPA berbasis Inkuiri Terbimbing materi pesawat sederhana untuk kelas V SD Muhammadiyah Danunegaran Yogyakarta yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan sebagai berikut :
1.      Penelitian pengambangan ini menggunakan model pengeman Borg and Gall dalam (Sukmadinata 2013:169-170). Langkah-langkah penelitian tersebut adalah penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengambangan draf produk , uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba, uji coba lapangan, penyempurnaan produk hasil uji lapangan, uji pelaksanaan lapangan dan penyempurnaan produk akhir
2.      Kelayakan Modul IPA berbasis inkuiri terbimbing memperoleh hasil dari berbagai segi penilaian sebagai berikut :
a.       Segi materi, Modul IPA berbasis inkuiri terbinmbing memperloeh skot 67 dengan nilai 93 termasuk dalam katergori sangat baik
b.      Segi media, Modul IPA berbasis inkuiri terbimbing memperoleh skor 88 dengan nilai 88 termasuk dalam kategori sangat baik
c.       Segi pembelajaran, Modul IPA berbasis inkuiri terbimbing memperoleh skor 58 dengan nilai 73 termasuk dalam kategori baik

3.      Keefektifan Modul IPA inkuiri terbimbing memperoleh hasil dari penilaian uji lapangan yaitu sebagai berikut :
a.       Penilaian uji lapangan awal, Modul IPA berbasis inkuiri terbimbing memperoleh skor 59 dengan nilai 88 termasuk dalam kategori sangat baik
b.      Penilaian uji coba lapangan, Modul IPA berbasis inkuiri terbimbing memperoleh skor 124 dengan nilai 94 termasuk dalam kategori sangat baik
c.       Penilaian uji pelaksanaan lapangan, Modul IPA berbasis inkuiri terbimbing memperoleh skor 271 dengan nilai 95 termasuk dalam kategori sangat baik.
B.     Keterbatasan Penelitian
Penelitian pengembangan Modul IPA berbasis inkuiri terbimbing materi pesawat sederhana kelas V SD Muhammadiyah Danunegaran hanya dilakukan dari langkah pertama hingga langkah kesembilan. Penelitian ini dilakukan dari tahap penelitian dan pengumpulan data (research and information collecting), uji coba lapangan awal (preliminary field testing), merevisi hasil uji coba (main product revision), uji coba lapangan, penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan (operasional product revision), uji pelaksanaan lapangan (operasional field testing) dan penyempurnaan produk akhir (dissemination and implementation), langkah kesepuluh yaitu diseminasi dan implementasi belum dapat dilakukan dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya yang relatif banyak.
C.    Saran
1.      Bagi guru
Modul IPA hasil pengembangan dapat digunakan bagi guru sebagai alat bantu atau alternatif  bahan ajar IPA untuk digunakan dan diterapkan dalam menemukan konsep IPA khususnya materi pesawat sederhana.
2.      Bagi siswa
Modul IPA yang dikembangkan dapat digunakan siswa sebagai salah satu sumber informasi mengenai materi pesawat sederhana baik digunakan sebagai belajar di sekolah maupun di rumah. Modul IPA berbasis inkuiri terbimbing untuk mempermudah siswa dalam memahami materi pesawat sederhana melalui eksperimen-eksperimen didalam modul dengan bimbingan guru.



Tidak ada komentar:

Berita Viral Terkini