twitter


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/ Semester
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator








Alokasi Waktu
:
:
:
:
:
:








:
SMK Muhammadiyah Kartasura
Bahasa Indonesia
XI/ 3
Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat madia
2.3. Memahami Perintah Kerja Tertulis
·       Mengenali informasi yang berkaitan dengan budaya kerja yang berlaku di tempat kerja.
·       Merencanakan tindak lanjut perintah didasarkan catatan yang dibuat pada saat membaca informasi dari perintah kerja tertulis.
·       Membuat bagan atau prosedur kerja berdasarkan perintah kerja tertulis.
·       Menginformasikan rencana kegiatan yang akan dilakukan (secara lisan/ tertulis) kepada perintah.
4 x 40 menit (2 x pertemuan)

A.      Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa menjelaskan isi dari memo, surat edaran, disposisi, dan pengumuman berkaitan dengan lingkungan kerja.
2.      Siswa membuat catatan untuk memahami perintah kerja tertulis berkaitan dengan lingkungan kerja.
3.      Siswa membuat prosedur kerja atas dasar perintah kerja tertulis.
4.      Siswa menyampaikan respon kepada pemberi perintah.
5.      Siswa membuat rencana kegiatan sesuai arahan dari pemberi perintah.




B.       Materi Pembelajaran
1.      Teks Perintah Kerja Tertulis (surat edaran, pengumuman, memo, disposisi, buku manual kerja).
2.      Informasi mengenai kebiasaan pengaturan atau budaya kerja ysng berlaku di tempat kerja.
3.      Kiat menyikapi perintah kerja yang maksudnya sama tetapi dirumuskan dalam bentuk dan redaksi yang berbeda.

C.      Metode Pembelajaran
1.      Tanya jawab
2.      Demonstrasi
3.      Peta pikiran
4.      Penugasan
5.      Pelatihan

D.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
FASE
KEGIATAN
WAKTU
GURU
SISWA
Kegiatan Awal
1.       Mengucapkan salam, menanyakan kabar, mengkondisikan kelas


2.       Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan apersepsi
1.     Menjawab pertanyaan guru, dan mengkondisikan situasi untuk memulai pembelajaran
2.     Memperhatikan guru, dan menjawab pertanyaan guru
10 menit
Kegiatan Inti
1.      Mendemonstrasikan materi secara bertahap dengan baik dan benar

2.      Guru membagikan contoh perintah kerja tertulis (surat edaran, pengumuman, memo, disposisi, buku manual kerja) kepada siswa
3.      Guru memberikan instruksi kepada siswa, agar siswa mengidentifikasikan pokok-pokok perintah pada bagian-bagian contoh perintah kerja tertulis (surat edaran, pengumuman, memo, disposisi, buku manual)
4.      Guru mengarahkan untuk merencanakan tindak lanjut perintah berdasarkan catatan yang dibuat pada waktu membuat perintah kerja tertulis
1.     Memperhatikan guru, mencatat bagian-bagian materi yang penting atau yang belum paham
2.     Siswa membaca contoh perintah kerja tertulis yang telah diberikan oleh guru


3.     Siswa mengidentifikasikan pokok perintah pada bagian-bagian contoh perintah kerja tertulis yang diberikan oleh guru




4.     Siswa aktif untuk merencanakan tindak lanjut perintah berdasarkan catatan yang dibuat pada waktu membaca perintah kerja tertulis
65 menit
Kegiatan Akhir
1.      Memberikan tugas (PR)
2.      Mengakhiri pertemuan dengan mengucapkan salam
1.     Menerima tugas (PR)

2.     Menjawab salam
15 menit








Pertemuan Kedua
FASE
KEGIATAN
WAKTU
GURU
SISWA
Kegiatan Awal
1.      Mengucapkan salam, menanyakan kabar siswa yang datang dan yang pada pertemuan sebelumnya tidak datang
2.      Dengan tanya jawab, mengingat kembali materi sebelumnya tentang Teks Perintah Kerja Tertulis
1.     Menjawab pertanyaan guru dan mengkondisikan situasi untuk memulai pembelajaran

2.     Memperhatikan guru dan menjawab pertanyaan guru
10 menit
Kegiatan Inti
1.      Tanya jawab mengenai tugas rumah yang diberikan


2.      Mendiskusikan tugas rumahnya


3.      Melanjutkan materi yang masih ada kaitannya dengan perintah kerja tertulis
4.      Guru memberikan contoh bagan/ prosedur kerja berdasarkan perintah kerja tertulis serta guru menginformasikan rencana kegiatan yang akan dilakukan (secara lisan/ tulisan) kepada siswa serta disesuaikan pada contoh yang diberikan
1.    Menjawab pertanyaan guru, serta memperlihatkan tugas yang telah diberikan oleh guru
2.    Siswa secara aktif serta mempertanggung jawabkan tugas rumah yang diberikan oleh guru
3.    Memperhatikan guru dan aktif dalam pembelajaran


4.    Siswa membaca contoh bagan/ prosedur kerja berdasarkan perintah kerja tertulis yang diberiksn guru serts siswa melaksanakan apa yang telah diinformasikan oleh guru
65 menit
Kegiatan Akhir
1.      Guru memberi tugas  siswa untuk membuat bagan/ prosedur kerja
2.      Melakukan evaluasi kegiatan pembelajaran

3.      Mengakhiri pertemuan dengan mengucapkan salam
1.     Siswa menerima tugas guru dan mengerjakannya
2.     Bersama-sama melakukan evaluasi pembelajaran
3.     Menjawab salam
15 menit

E.       Alat dan Sumber Belajar
Alat
Sumber
:
:
Papan tulis (white board), kertas manila, spidol, penghapus
·       Martasari, dkk, Bahasa dan Sastra Indonesia SMK/ MAK Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
·       Yustinah dan Ahmad Iskan. 2008. Bahasa Indonesia Tataran Media untuk SMK dan MAK Kelas XI. Kudu: Erlangga

F.       Penilaian
1.    Jenis Tagihan         : Tes unjuk kerja
2.    Teknik                    : Penugasan dan pengamatan
3.    Soal/ Instrumen      :
Soal
1.      Jelaskan pengertian dari: (Skor : 20)
a.       Memo
b.      Surat edaran
c.       Pengumuman
d.      Disposisi
e.       Buku manual kerja
2.      Sebutkan bagian-bagian memo yang berperan sesuai fungsinya! (Skor : 15)
3.      Sebutkan macam-macam surat edaran! Jelaskan dengan contoh! (Skor : 15)
4.      Buatlah kelompok 5-6 orang.
Buatlah contoh dari: (Skor : 30)
a.       Memo
b.      Surat edaran
c.       Pengumuman
d.      Disposisi
e.       Buku manual kerja
5.      Buatlah kelompok, masing-masing 2-3 orang. (Skor : 20)
Wawancarailah para pekerja pembuat tempe atau industri rumah tangga di sekitar daerahmu. Tulislah cara membuat tempe kedelai atau produksi lain dengan langkah-langkah yang urut. Diskusikan dengan teman-temanmu mengenai hasil wawancara tersebut.

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0-100 adalah sebagai berikut:






Mengetahui,
Guru Pamong

SUKATMINI
Surakarta,                              2010

Praktikan

RIKA YAYAN NUGRAHENI

0 komentar:

Poskan Komentar