DOWNLOAD MAKALAH PERTANIAN - MODEL PERTANIAN LAHAN MULTI FUNGSI - skripsi man (dulrohman webs)

Sabtu, 05 September 2015

DOWNLOAD MAKALAH PERTANIAN - MODEL PERTANIAN LAHAN MULTI FUNGSI

 
MODEL PERTANIAN LAHAN MULTI FUNGSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL PERTANIAN


Latar Belakang
        Banyak berita di Koran atau televisi mengabarkan tentang naik turunnya hasil pertanian. Keadaan ini mengakibatkan kehidupan para petani menderita. Apabila keadaan ini berlangsung terus menerus maka perekonomian para petani semakin payah. Beberapa faktor penyebab gagalnya panen diantaranya: muncul hama / penyakit, kemarau panjang, virus tanaman.
        Ancaman hama biasanya terjadi terhadap satu jenis tanaman, seperti padi terkena hama werang, belalang , atau tikus maka otomatis panen padi yang diharapkan menjadi gagal.
        Disisi lain, permintaan terhadap telur, daging atau ikan semakin meningkat, masyarakat sangat membutuhkan gizi agar sehat. Kebutuhan gizi tersebut akan tercukupi apabila para petani mengembangkan peternakan dan perikanan pada lahan yang dimiliki jika memungkinkan.
        Naik turunnnya harga daging dan telur di pasar membuat kesulitan para petani jika tidak memiliki penghasilan dari pertanian yang berupa daging, telur maupun ikan. Oleh karena itu para petani perlu mengembangkan model pertanian baru yang mampu menghasilkan beberapa macam hasil pertanian sekaligus.
        Keterbatasan lahan merupakan hambatan bagi pengembangan pertanian. Dengan model baru penggunaan lahan diharapkan hambatan ini bisa diselesaikan.

Identifikasi Masalah
        Tercukupinya kebutuhan beras, daging, telur dan susu merupakan sebuah keharusan agar masyarakat sehat karena tercukupi gizi mereka. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil pertanian diantaranya :
-         
1
1
Ekstensifikasi merupakan usaha perluasan lahan pertanian. Kegiatan ini hanya bisa dilakukan di luar Jawa.
-          Intensifikasi pertanian merupakan usaha untuk memaksimalkan lahan yang ada untuk meningkatkan hasil pertanian dengan memilih bibit yang baik, pemupukan, pengolahan tanah dan sebagainya.
-          Mekanisasi pertanian adalah penggunaan mesin-mesin dalam usaha pertanian, misalnya traktor, alat pemotong rumput dan sebagainya.
-          Pengembangan model penggunaan lahan seperti pola tanam tumpang sari, lahan multi fungsi dan sebagainya.

Pembatasan Masalah
        Banyak upaya yang dapat dilakukan penulis untuk meningkatkan hasil pertanian, karena keterbatasan kemampuan dan pengalaman maka karya tulis ini hanya akan membahas penggunaan lahan multi fungsi untuk meningkatkan hasil pertanian.

Rumusan Masalah
        Dari pembatasan masalah di atas dapat dirumuskan sebagai berikut Bagaimana model pertanian lahan multi fungsi sehingga dapat meningkatkan hasil pertanian ?

Tujuan Penulisan
Karya tulis disusun dengan tujuan :
1.      Memahami beberapa teori untuk mendukung program pertanian.
2.      Menyusun model pertanian yang dapat dilakukan para petani untuk meningkatkan hasil pertanian

Manfaat Penulisan
Karya tulis ini bermanfaat :
1.      Bagi penulis memberi dorongan untuk mempelajari lebih mendalam tentang pertanian
2.      Bagi pelajar akan menambah Ilmu Pengetahuan
3.      Bagi petani memberi alternatif pilihan model bertani



SELENGKAPNYA KLIK DOWNLOAD 

Tidak ada komentar: