Contoh Laporan Study Tour Ke Pulau Bali - skripsi man (dulrohman webs)

Minggu, 27 November 2016

Contoh Laporan Study Tour Ke Pulau Bali



KATA PENGANTAR

Syukur kepada Tuhan atas karunia-Nya sehingga saya dapat membuat laporan perjalanan ini.Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca.


PERSEMBAHAN
KARYA TULIS YANG KAMI BUAT INI, AKAN KAMI PERSEMBAHKAN UNTUK:

1.      Sekolah
Selama mengenyam pendidikan ini, kami telah dididik dan digembleng sedemikian baiknya oleh Bapak dan Ibu guru , sehingga kami mendapatkan ilmu dan kepintaran yang sudah sepantasnya kami banggakan.
2.      Orang Tua
Terima kasih kami, untuk orang tua terutama adalah ibu yang telah berjuang dengan susah payah dan tidak lupa juga ayah. Terima kasih untuk dukungan yang diberikan guna meneruskan cita-cita ini.
3.      Teman-teman
Terima kasih juga kepada teman-teman. Tanpa adanya dukungan dan partisispasi dari kalian, mungkin kami tidak dapat mendapatkan ide untuk membuat makalah ini.
4.      Pembaca
Kami sangat berharap dengan adanya makalah ini dapat berguna bagi pembaca dan masyarakat luas untuk mendapatkan pengalaman dan wawasan yang terdapat didalam karya tulis ini.


KATA-KATA MUTIARA

Dalam makalah ini , kami mengumpulkan beberapa kata mutiara, dimana kata mutiara ini sangat membangun dan juga memberikan semangat belajar kami sebagai seorang siswa. Dan semoga menjadi semangat juga buat teman-teman yang lain.

v  Buku yang bermanfaat merupakan teman yang berarti
v  Dengan bertanya orang akan lebih berpengetahuan
v  Nasehat yang baik adalah teladan yang baik
v  Dengan belajar mematuhi pemerintah, kita akan tahu cara memerintah
v  Hidup yang tak menghasilkan apa-apa berarti hidup tiada guna
v  Dimana ada kemauan pasti disitu ada jalan
v  Jika anda tidak dapat berkata baik tentang diri seseorang, janganlah yang buruk anda katakan

DAFTAR ISI 

Kata Pengantar……………………………………………………
Persembahan………………………………………………………
Kata Mutiara……………………………………………………….
Pendahuluan……………………………………………………….
        Persiapan……………………………………………………………..
          Keberangkatan……………………………………………………..
Bali yang Indah…………………………………………………………….
Hari Pertama………………………………………………………………..
Hari Kedua……………………………………………………………………
Hari Terakhir…………………………………………………………………
Penutup…………………………………………………………………………



































PENDAHULUAN  

PERSIAPAN

MENABUNG

a.Mencicil Biaya

Untuk biaya study wisata,kami memerlukan biaya sebesar Rp.1.025.000,00.Kami mengumpulkan biaya dengan cara mencicil.Dalam sebulan kami harus membayar sebesar Rp.75.000,00,sehingga dalam setahun terkumpul Rp.900.000,00 dan hanya per;u membayar kekurangannya sebesar Rp.125.000,00.

b.Untuk Bekal

Untuk bekal,kami mengumpulkannya dengan cara menabung dan diberi orang tua.

PAKAIAN DAN PERLENGKAPAN PRIBADI

Perlengkapan yang saya bawa selama study wisata adalah:pakaian ganti,pakaian hangat,alas kaki,perlengkapan mandi,makanan dan minuman,dan alat tulis.

OBAT PRIBADI

Untuk mengantisipasi bila terkena penyakit selama study wisata,saya ,e,bawa obat-obatan seperti:paracetamol,obat anti nyeri,dll

KESEHATAN DAN KETAHANAN FISIK

Saya menjaga kesehatan dengan cara:makan teratur,istirahat cukup,dan mengonsumsi vitamin.





PACKING
Saya melakukan packing oada H-2 keberangkatan.Saat itu saya memastikan apakah barang-barang sudah dimasukan ke dalam tas atau belum.


































KEBERANGKATAN

WAKTU

Waktu,yang ditunggu-tunggu telah tiba.Pada hari Rabu,13 Juli 2016 pukul 08.00 WIB,kami berangkat menuju Pulau Bali.

KENDARAAN

Kami berangkat menggunakan bus sebanyak 4 buah.Saya termasuk dalam rombongan bus C.

PENDAMPING

Pendamping dalam bus C adalah Pak Weko,Pak Anwar,dan Bu Epata.

KOTA YANG DILEWATI

Kota-kota yang kami lewati adalah Klaten,Ngawi,Nganjuk,Jombang,Mojokerto,Pasuruan,Probolinggo,Situbondo,an Banyuwangi.

PENYEBRANGAN

Kamis,14 Juli 2016,kami tiba di Pelabuhan Ketapang.Kami menempuh perjalanan selama kurang lebih satu jam.

KEGIATAN DI PERJALANAN

Untuk menghapus rasa penat di perjalanan,kami menghabiskan waktu dengan:bercerita,mendengarkan musik,dan bercanda.Namun,ditengah keseruan kami tadi,masih ada teman kami yang hanya diam saja.



BALI YANG INDAH



HARI PERTAMA

DANAU BEDUGUL

Bedugul adalah objek wisata Bali yang terletak di perbukitan dengan cuaca yang sangat sejuk dimana di bedugul juga terdapat sebuah danau yang bernama danau beratan. Di Objek wisata Bedugul terdapat sebuah pura yang bernama pura di Ulun Danu yang terletak di pinggir danau beratan. Pura Ulun Danu di percaya sebagai tempat bersemayaman Dewi Sri atau Dewi Kesuburan.
Objek wisata Bedugul terletak di desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti kabupaten tabanan kurang lebih jaraknya 45 km dari pusat kota kabupaten dan Jaraknya dari kota denpasar sekitar 50 km ke arah utara mengikuti jalan raya Pura tersebut berada di tepi danau Beratan, nama Pura Ulun Danu diambil dari kata danau.
Sejarah Pura Ulun Danu Beratan diketahui dari arkeologi dan data sejarah yang terdapat dalam lontar babad Mengwi. Di sebelah kiri halaman depan pura Ulun Danu Beratan terdapat sebuah sarkopagus dan sebuah papan batu, yang berasal dari masa tradisi megalitik, sekitar 500 SM. Kedua artefak tersebut sekarang ditempatkan masing-masing di atas Babaturan atau teras diperkirakan lokasi di mana Pura Ulun Danu Beratan, telah digunakan sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan ritual sejak jaman megalitik.
Dalam lontar Babad Mengwi tersirat menguraikan bahwa I Gusti Agung Putu sebagai pendiri kerajaan Mengwi mendirikan Pura di pinggir Danau Beratan, sebelum beliau mendirikan pura taman ayun dalam lontar tersebut tidak disebutkan kapan beliau mendirikan Pura Ulun Danu Beratan, namun yang terdapat dalam lontar itu adalah pendirian pura taman ayun yang upacaranya berlangsung pada hari Anggara Kliwon Medangsia tahun Saka Sad Bhuta Yaksa Dewa yaitu tahun caka 1556 atau 1634 M. Berdasarkan uraian dalam lontar Babad Mengwi tersebut diketahui bahwa Pura Ulun Danu Beratan didirikan sebelum tahun saka 1556, oleh I Gusti Agung Putu.

TEMAN JOGER

TEMAN JOGER yang berada di daerah Bedugul ini, terdiri dari dua lantai dengan lahan parkir yang cukup luas. Di lantai pertama, ada sederetan pernak-pernik ala joger, T-Shirt/ kaos dengan berbagai pilihan, pusat informasi dan ada sebuah ruangan khusus untuk rakyat kecil (maksudnya rakyat ukuran kecil alias anak-anak). Di dalam ruangan ini hanya berisi pakaian khusus anak-anak, yang cukup menarik dari ruangan ini ada pada pintu masuknya. Pintunya sangat rendah mungkin hanya berukuran 1 meter, jadi kita harus menunduk terlebih dahulu untuk dapat memasuki ruangan yang satu ini. Sedangkan di lantai dua ada bermacam-macam sandal dengan ukuran dan desain yang berbeda serta beberapa sepatu ala joger. Di dinding tangga menuju lantai dua, dihiasi dengan puluhan pasang sandal dengan desain dan ukuran yang berbeda, bahkan ada sandal yang berukuran ekstra besar.
Hampir disetiap sudut ruangan tertera kata-kata unik karya Mr. Joger yang membuat kita tertawa sendiri saat membacanya. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau dengan kualitas yang sudah tidak diragukan lagi. Teman Joger ini beroperasi selama 24 jam/ 3 hari (8 jam setiap harinya) kecuali hari libur nasional, mulai jam 10 pagi sampai jam 6 sore hari.Karena terlalu asyik melihat-lihat,saya sempat terpisah rombongan.Disana,saya membeli kaos dan beberapa gantungan kunci.

SANGEH

Sangeh adalah sebuah tempat pariwisata di pulau Bali yang terletak di Desa Sangeh,Kecamatan Abiansemal,Kabupaten Badung, Bali.

Sangeh terkenal karena ini merupakan sebuah desa di mana monyet-monyet (beruk) berkeliaran dengan bebas dan di keramatkan oleh penduduk setempat di sebuah hutan. Di tengah hutan ada pula sebuah pura yang bernama Pura Bukit Sari.Pura ini dibangun oleh Kerajaan Mengwi dan sekarang diserahkan ke penduduk setempat. Monyet di sini memiliki raja dan konon memiliki tiga wilayah kerajaan.

Menurut legenda,adanya Pura Bukit Sari di hutan ini diceritakan secara mitologis dalam Lontar Babad Mengwi. Diceritakan putri Ida Batara di Gunung Agung berkeinginan untuk disungsung di Kerajaan Mengwi. Atas kehendak dia maka hutan pala yang ada di Gunung Agung tempat putri Ida Batara Gunung Agung bermukim pindah secara misterius pada waktu malam.

Ketika perjalanan baru sampai di Sangeh, telanjur ada penduduk yang melihat perjalanan tersebut. Hal ini konon yang menyebabkan hutan pala tersebut tidak bisa berjalan lagi menuju Mengwi dan berhenti di Desa Sangeh sekarang. Konon putra angkat Raja Mengwi yang pertama I Gusti Agung Putu yang bergelar Cokorda Sakti Blambangan menemukan bekas bangunan pelinggih.

Putra angkat Raja Mengwi tersebut bernama Anak Agung Ketut Karangasem. Atas penemuan tersebut Cokorda Sakti Blambangan memerintahkan untuk membangun kembali pura tersebut dan diberi nama Pura Bukit Sari. Yang dipuja di pura tersebut adalah Ida Batara Gunung Agung dan Batara Melanting. Pura Besakih di lereng Gunung Agung itu tergolong Pura Purusa atau sebagai jiwa dari Pulau Bali.Disana,kami berjalan-jalan sekitar 30 menit dan kembali ke bus.

PUSAT OLEH-OLEH DEWATA
Setelah seharian berwisata,kami beristirahat dan makan malam di rumah makan Dewata.
HARI KEDUA

Monumen Bajra Sandhi

Monumen Bajra Sandhi merupakan Monumen Perjuangan Rakyat Bali untuk memberi hormat pada para pahlawan serta merupakan lambang pesemaian pelestarian jiwa perjuangan rakyat Bali dari generasi ke generasi dan dari zaman ke zaman serta lambang semangat untuk mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari 17 anak tangga yang ada di pintu utama, 8 buah tiang agung di dalam gedung monumen, dan monumen yang menjulang setinggi 45 meter. Lokasi monumen ini terletak di depan Kantor Gubernur Kepala Daerah Provinsi Bali yang juga di depan Gedung DPRD Provinsi Bali Niti Mandala Renon persisnya di Lapangan Puputan Renon. Monumen ini dikenal dengan nama “Bajra Sandhi” karena bentuknya menyerupai bajra atau genta yang digunakan oleh para Pendeta Hindu dalam mengucapkan Weda (mantra) pada saat upacara keagamaan. Monumen ini dibangun pada tahun 1987, diresmikan oleh Presiden Megawati Sukarno Putri pada tanggal 14 Juni 2003. Tujuan pembangunan monumen ini adalah untuk mengabadikan jiwa dan semangat perjuangan rakyat Bali, sekaligus menggali, memelihara, mengembangkan serta melestarikan budaya Bali untuk diwariskan kepada generasi penerus sebagai modal melangkah maju menapak dunia yang semakin sarat dengan tantangan dan hambatan.Ini adalah wisata pertama kami di hari kedua.Disana,kami menyempatkan diri untuk berfoto-foto diluar.Saya tidak masuk ke dalam karena menemani teman saya yang sedang berhalangan.


PANTAI KUTA

Pantai Kuta adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak kecamatan Kuta, sebelah selatan Kota Denpasar, Bali, Indonesia. Daerah ini merupakan sebuah tujuan wisata turis mancanegara dan telah menjadi objek wisata andalan Pulau Bali sejak awal tahun 1970-an. Pantai Kuta sering pula disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach) sebagai lawan dari pantai Sanur. Selain itu, Lapangan Udara I Gusti Ngurah Rai terletak tidak jauh dari Kuta.Sebelum kesana,kami harus berganti kendaraanyang lebih kecil dulu.Setelah beberapa menit menempuh perjalanan,akhirnya kami sampai juga,Disana kami menikmati pemandangan dan bermain air.


MISTER KUTA
Setelah berwisata ke Pantai Kuta,kami menuju ke Mister Kuta untuk makan siang dan berbelanja oleh-oleh.

PANTAI TANJUNG BENOA

Tanjung Benoa adalah sebuah kelurahan di wilayah Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.
Tanjung Benoa merupakan tempat wisata di Bali yang terkenal akan pantainya. Tempat ini juga merupakan surganya wahana air seperti banana boat, scuba diving, parasailing, rolling donut, seawalker, flying fish, snorkeling dll. Selain itu, terdapat pelayaran menuju Pulau Penyu tempat hidup dan penangkaran seekor kura-kura, ular, jalak bali, dan sebagainya. Sehingga tidak salah kalau Tanjung Benoa dikenal sebagai pusat wisata bahari di Bali.
Aktifitas wahana air sangat tergantung dari kondisi pasang surut air laut yang dikenal istilah pasang purnama dan pasang tilem. Jika kena pengaruh bulan mati (tilem), atraksi wisata laut baru bisa dilangsungkan di atas pukul 11.00 hingga sore. Sebaliknya, kalau terkena pengaruh pasang purnama (bulan penuh), wisatawan bisa memulai aktivitas wisata tirta sejak pagi hari, sekitar pukul 09.00 hingga sore hari biasanya sampai jam 4 sore. Bibir pantai Tanjung Benoa memiliki laut yang aman, nyaman dan indah. Karang lautnya masih lestari, sehingga ombak akan pecah di luar, sebelum menyentuh bibir pantai. Karena itu, di pantai Tanjung Benoa dikenal istilah ''laut dangkal'' dan ''laut dalam''.Dari sana,saya bersama teman-teman saya yaitu:Devi,David,Iga,Lolita,Khairi,Bima,dll,menyebrang ke Pulau Penyu untuk melihat satwa disana.

PANTAI PANDAWA
            Pantai Pandawa (Beach) adalah salah satu tempat wisata di Bali yang memiliki keindahan pasir putih yang lembut dan airnya yang jernih kebiruan dengan suasana pantai yang sepi dan tenang.
Selain itu pengunjung yang akan memasuki pantai ini akan disambut oleh dua tebing/bukit kapur yang sangat besar dengan ukiran dan patung pandawa yang sengaja ditempatkan di dinding tebing. Jika anda bosan dengan Pantai di Bali yang sering anda kunjungi cobalah menikmati keindahan Pantai Pandawa.
Pantai Pandawa dulunya disebut sebagai secret beach oleh para wisatawan karena lokasinya berada di belakang dua tebing yang membelah jalan menuju ke

Pantai. Pantai Pandawa berlokasi di Bali Selatan, tepatnya di Desa Kutuh, Kecamatan Kutu Selatan, Kabupaten Badung, Bali.
Untuk menuju Pantai Pandawa sebaiknya anda menggunakan kendaraan sendiri, menggunakan jasa travel, taksi atau sewa kendaraan karena tranportasi umum agak sulit. Pantai ini dapat ditempuh dalam waktu 1 jam dari Bandara Ngurah Rai. Dari kuta/Denpasar anda ambil jalan menuju Garuda Wisnu Kencana (GWK) setelah itu 1 km dari GWK belok kiri menuju Nusa Dua/Bali Cliff ikuti saja jalannya hingga ada pertigaan dengan rambu jalan/petunjuk arah yang bertuliskan Pantai Pandawa belok kiri ikuti jalan tersebut hingga perempatan kemudian belok kanan sampai tiba di Pantai Pandawa. Jika anda bingung sebaiknya bertanya ke warga setempat.


Kegiatan yang bisa anda lakukan di Pantai Pandawa adalah  anda bisa bersantai, berenang maupun sekedar berjemur di Pantai, selain itu bagi anda yang suka olahraga air anda bisa menyewa kano dengan harga sewa Rp. 15.000, bagi anda yang takut tenggelam sudah tersedia jaket pelampung untuk anda. Pantai pandawa juga merupakan tempat budidaya rumput laut di Bali, pada sore hari anda dapat melihat nelayan mengumpulkan rumput laut yang dibawa ombak ke pantai untuk kemudian dijadikan makanan atau dijual. Harga tiket masuk Pantai Pandawa cukup murah, anda hanya akan dikenakan biaya Rp. 2.000 per orang dan untuk turis asing Rp. 5.000.Disana,saya tidak turun bus karena terlalu lelah.


GWK     

      Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (bahasa Inggris: Garuda Wisnu Kencana Cultural Park), disingkat GWK, adalah sebuah taman wisata di bagian selatan pulau Bali. Taman wisata ini terletak di tanjung Nusa Dua, Kabupaten Badung, kira-kira 40 kilometer di sebelah selatan Denpasar, ibu kota provinsi Bali. Di areal taman budaya ini, direncanakan akan didirikan sebuah landmark atau maskot Bali, yakni patung berukuran raksasa Dewa Wisnu yang sedang menunggangi tunggangannya, Garuda, setinggi 12 meter.
Area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana berada di ketinggian 146 meter di atas permukaan tanah atau 263 meter di atas permukaan laut.
Di kawasan itu terdapat juga Patung Garuda yang tepat di belakang Plaza Wisnu adalah Garuda Plaza di mana patung setinggi 18 meter Garuda ditempatkan.Setelah melihat-lihat dan berfoto,kamipun turun untuk melihat pertunjukan Tari Kecak.



































HARI TERAKHIR

Pasar Sukowati

Ini adalah wisata kami yang terakhir di Bali.Saat itu hujan turun sehingga saya tidak turun dari bus.Setelah dirasa cukup,kami pun melanjutkan perjalanan untuk kembali ke Jogja.

KEMBALI KE JOGJA


Setelah beberapa hari di Pulau Bali,kami pun harus kembali ke Jogja.Banyak kenangan yang telah terukir disana,dan rasanya berat sekali meninggalkan Bali.Namun,kami tetap harus kembali.


PENYEBRANGAN

Selama penyebrangan berlangsung,saya dan teman-teman sangat merasa takut,Ini dikarenakan kami duduk di bagian luar sehingga ombak yang terhempas sangat terasa.Perjalanan ini berlangsung satu jam.Setelah menempuh perjalanan tersebut,kami pun melanjutkan perjalanan darat.



PERJALANAN PULANG

Walaupun melelahkan.,kami melalui perjalanan dengan gembira.Di perjalanan,kami saling berbagi pengalaman selama di Bali dan melihat-lihat hasil foto kami.















PENUTUP

A.          Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa Bali merupakan salah satu daerah di Indonesia yang menyajikan objek-objek wisata yang berskala nasional maupun internasional. Selain itu, Bali juga merupakan daerah yang kental akan budaya dan tradisi sehingga menarik untuk dijadikan sebagai bahan pembelajaran dalam dunia pendidikan. Dengan adanya pendidikan diluar sekolah ini diharapkan mampu menciptakan rasa bersyukur kepada Allah SWT atas ciptaan dan anugerah-Nya, berfikir kreatif dan inovatif dalam mempelajari sesuatu sehingga mampu menciptakan ide yang berkembang menjadi lebih baik dah bahkan lebih sempurna.
B.     Saran
Dalam rangka meningkatkan perkembangan ilmu pengetahuan ada beberapa saran diantaranya:
1.  Untuk menumbuhkan konsep diri siswa agar siswa dapat berperilaku kreatif, serta disiplin, guru disarankan untuk bersikap empatik, menerima dengan terbuka, selalu mendorong siswa untuk menemukan ide-ide baru.
2.  Dengan adanya pembelajaran diluar ini siswa diharapkan mampu untuk berfikir kreatif dan inovatif sesuai dengan kurikulum 2013.
3.  Semoga dengan adanya pembelajaran diluar lingkungan sekolah ini membuat siswa menjadi berfikir objektif mengenai pentingnya untuk selalu mencintai budaya bangsa. Serta tidak lupa menjaga dan melestarikan asset budaya bangsa yang lainnya.

Tidak ada komentar: